Pendidikan Tari UPI Pentaskan Drama Purnamasari Silalatu Pajajaran

Selasa, 00 0000 - 00:00 WIB
Pendidikan Tari UPI Pentaskan Drama Purnamasari Silalatu Pajajaran
Mahasiswa Fakultas Pendidikan Tari UPI Bandung mementaskan drama Purnamasari Silalatu Pajajaran di Teater Tertutup Taman Budaya Jabar, Kota Bandung, Senin (17/6/2019). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Fakultas Pendidikan Tari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar pagelaran drama Purnamasari Silalatu Pajajaran di Teater Tertutup Taman Budaya Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (17/6/2019). Pagelaran ini akan digelar selama tiga sesi hingga petang ini.

Pertunjukan drama berlatar kerajaan Pajajaran ini mengangkat kisah kepahlawanan seorang putri Prabu Siliwangi, Purnamasari. Sebuah kisah kepahlawanan putri purnamasari yang membela kerajaan Pajajaran habis-habisan,dan kisah cinta yang membuatnya hancur lebur yang terjadi selama hidupnya.

Digarap secara apik oleh mahasiswa tari UPI angkatan 2016. Pertunjukan berdurasi sekitar 1,5 jam ini digelar secara cukup memukau, mengaduk-aduk emosi penonton. Mereka terbawa amarah, sedih, gembira, bahkan syahdunya kisah cinta.

Menurut Pewaris Pantun Pajajaran Bogor Edi Yusuf, drama ini diambil dari kisah Pajajaran Tengah, terutama wilayah Bogor. Walaupun secara akademisi memang belum diakui, tetapi kisah ini mampu menjawab telak banyak pertanyaan tentang Kerajaan Pajajaran.

"Salah satunya tentang Gunung Padang. Di sini dijelaskan dengan detail seperti struktur termasuk menggunakannya. Tapi karena belum dibacakan secara akademik, jadi belum bisa diakui sumber sejarahnya," kata dia.

Dia mengucapkan berterima kasih atas diangkatnya kisah Pajajaran tengah ini. Dia berharap, dengan ditampilkannya kisah ini, ke depan bisa menjadi kajian bersama.

Dosen Seni Tari UPI yang juga Kepala Humas UPI Yuliawan Kasmahidayat mengatakan, pagelaran drama ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan mahasiswa seni tari UPI. Pagelaran disesuaikan dengan angkatan masing masing-masing mahasiswa.

"Kegiatan ini merupakan aplikasi dari perkuliahan yang telah mahasiswi ikuti. Selain itu, pertunjukan ini upaya pelestarian khasanah daerah, khususnya sunda," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5441 seconds (0.1#10.140)