Komunitas Rainbow Bandung Dukung Prabowo-Sandi

Kamis, 04 April 2019 - 23:26 WIB
Komunitas Rainbow Bandung Dukung Prabowo-Sandi
Koordinator Komunitas Rainbow Bandung Keukeu memimpin deklarasi dukungan terhadap Prabowo-Sandi di Pilpres 2019, Kamis (4/4/2019). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Sejumlah kaum minoritas, lesbian, gay, bisexual, and transgender (LGBT) yang tergabung dalam Komunitas Rainbow Bandung menyatakan dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Pernyataan dukungan disampaikan lewat deklarasi yang digelar di Hotel Zest, Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Kamis (4/4/2019). Komunitas Rainbow berharap Prabowo-Sandi dalam memperjuangkan hak-hak mereka sebagai warga negara.

Koordinator Komunitas Rainbow Bandung Keukeu mengatakan, setiap warga negara berhak mendapatkan hak yang sama untuk hidup, berserikat, dan berkumpul, serta melaksanakan aktivitas seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945.

"Namun, isi dan kandungan Undang-Undang Dasar 1945 tersebut seakan tidak berlaku bagi kami yang mempunyai tujuan dan cita-cita untuk mewujudkan kesamaan dan kesetaraan, termasuk keadilan untuk memperjuangkan hak asasi kami sebagai manusia yang merupakan kodrat dari Sang Pencipta," tutur Keukeu seusai deklarasi.

Dia mengemukakan, berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, sebanyak 89,3 persen tindak kekerasan sering terjadi terhadap kaum minoritas LGBT di mana 79,1 persen dalam bentuk kekerasan psikis, 46,3 persen kekerasan fisik, 26,3 persen kekerasan ekonomi, 45,1 persen kekerasan seksual, dan 63,3 persen kekerasan budaya.

"Hingga kini, kekerasan demi kekerasan pun masih terjadi kepada kami sebagai kaum yang selalu memperjuangkan kesamaan, keadilan, dan hak asasi manusia yang ingin merdeka," kata Keukeu yang mengklaim memiliki ratusan anggota di Kota Bandung dan sekitarnya itu.

Menurut Keukeu, meski pemerintahan telah berganti dari masa ke masa, namun diskriminasi tetap terjadi. Artinya, kata dia, belum ada satu pun rezim pemerintahan yang memiliki perhatian serius terhadap kalangan minoritas ini, termasuk pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) saat ini.

"17 April 2019 merupakan momentum tepat bagi kami untuk menentukan langkah kami melalui pergantian rezim yang berpihak pada perjuangan keadilan dan tanpa diskriminasi terhadap kami serta mendukung atas keberlangsungan hidup kami di Indonesia sebagai manusia merdeka," ungkap Keukeu.

Selain menaruh harapan besar pada pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02 itu, Keukeu menyebutkan, alasan lain yang mendasari dukungan pihaknya, yakni visi Indonesia Menang yang diusung Prabowo-Sandi yang dinilainya sebagai angin segar.

"Dari butir keempat janji kampanyenya, Prabowo-Sandi ingin menjadikan negara Indonesia menjadi rumah yang aman, nyaman, dan berdaulat bagi seluruh rakyat Indonesia. Meskipun masih dalam bentuk janji kampanye, kami yakin Prabowo-Sandi pro terhadap keberlangsungan kami yang dalam Komunitas Rainbow Bandung," paparnya.

Oleh karenanya, Keukeu menyatakan, Komunitas Rainbow Bandung berkomitmen memenangkan Prabowo-Sandi di ajang Pilpres 2019 demi mewujudkan perjuangan seluruh anggota Komunitas Rainbow Bandung dalam meraih kehidupan yang merdeka.

"Dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang aman dan nyaman untuk keberlangsungan kami ke depannya dan seluruh rakyat Indonesia yang ingin menjadi manusia merdeka," tandas dia.

Dalam deklarasi yang digelar tertutup itu, para anggota Komunitas Rainbow Bandung itu mengenakan masker. Selain mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo-Sandi, mereka pun berfoto bersama dengan pose salam dua jari yang menjadi simbol perjuangan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9644 seconds (0.1#10.140)