Pertamina-Patra Jasa Edukasi Pengelolaan Sampah bagi Warga Bandung

loading...
Pertamina-Patra Jasa Edukasi Pengelolaan Sampah bagi Warga Bandung
Perwakilan PT Patra Jasa memberikan bantuan alat pengolahan sampah secara simbolis pada acara CSR PT Pertamina (Persero) dan Patra Jasa di Hotel Patra Comfort Bandung, Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung, Kamis (1/11/2018). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
BANDUNG - PT Pertamina (Persero) dan Patra Jasa menggelar program corporate social responsibility (CSR) dalam bentuk pelatihan pengelolaan sampah dan memberikan sumbangantempat sampah kepada warga Bandung.

Penyuluhan dilakukan kepada puluhan warga Bandung melibatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung. Acara CSR PT Pertamina (Persero) dan Patra Jasa digelar di Hotel Patra Comfort Bandung, Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung, Kamis (1/11/2018).

CSR Officer Patra Jasa Mulia Prabowo mengatakan, program CSR kepada warga sebenarnya sudah beberapa kali digelar Pertamina dan Patra Jasa. Namun untuk wilayah Bandung, pihaknya memilih tema pelatihan pengelolaan sampah.

“Melalui pelatihan ini, kami berharap warga bisa mengelola sampah yang baik. Ini dukungan kami terhadap pemerintah. Dukungan itu tak hanya soal pengelolaan sampah, tetapi juga pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat,” kata Mulia.



Menurut dia, kendati saat ini bantuan dalam bentuk pelatihan dan peralatan sampah, kedepan pihaknya berharap pengelolaan sampah memberi dampak bagi energi terbarukan. Dia mencontohkan, CSR di Semarang dalam bentuk pemberian peralatan konversi sampah menjadi minyak tanah yang bisa dipakai memasak.

“Setiap kota berbeda-beda tema yang kami angkat. Karena kami sesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan daerah. Di Bandung, kami memilih mengangkat pelatihan pengelolaan sampah karena memang sampah selalu menjadi persoalan di kota besar,” ujar dia.

Berbeda dengan di Semarang, selain soal sampah juga mengambil tema pelatihan bagi ibu hamil. Sementara di Bali digelar pelatihan membuat dupa, pelatihan kepariwisataan Banyuwangi, serta pelatihan kepariwisataan di Cirebon.



General Manajer Patra Comfort Bandung Endang Lestari Ningsih menyatakan, Patra Comfort Bandung ingin mendukung program pemerintah Kota Bandung mewujudkan lingkungan sehat dan bersih. Melalui program tersebut, diharapkan menghasilkan mengelola sampah yang lebih baik di kota ini.

“Ini adalah kontribusi kami, sebagai anak perusahaan PT Patra Jasa dan Pertamina, dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,termasuk masyarakat Bandung,” kata dia.

Bantuan CSR Pertamina dan Patra Jasa di Bandung dalam bentuk empat buah alat mesin pencacah daun, empat gerobak sampah, 200 ember sampah, 11 komposter daun, dan tujuh tempat sampah terpilah.

Alat tersebut dihibahkan kepada rukun warga di Kecamatan Coblong, Kelurahan Sukaluyu, SMK Negeri 09 Kota Bandung, SMK ICB Cinta Wisata, SMK YPPT Bandung, SMK ARS Internasional, dan TK Raden Patah, dan aparatur Kelurahan Lebakgede (Babinsa dan Kamtibnas).
(awd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top