Youtube Siapkan Shorts untuk Saingi TikTok

Kamis, 02 April 2020 - 14:00 WIB
Youtube Siapkan Shorts untuk Saingi TikTok
YouTube sedang menyiapkan platform bernama Shorts sebagai pesaing TikTok. Ilustrasi/Istimewa
A A A
CUPERTINO - YouTube sedang menyiapkan platform bernama Shorts sebagai pesaing TikTok. Short memungkinkan pengguna untuk mengunggah video singkat di dalam aplikasi seluler, seperti TikTok.

Short memanfaatkan musik berlisensi yang dimiliki YouTube Music dalam katalognya. Sama halnya seperti TikTok, lagu-lagu tersebut dapat digunakan dalam video.

TikTok sendiri menyediakan usik, filter, dan lainnya bagi para pengguna. Kemudian membiarkan penggunakanya membuat video dengan gerakan dan tarian menggunakan audio tersebut.

Dikutip dari laman The Verge, Kamis (2/4/2020), ada alasan kuat YouTube membuat Shorts ini. Menurut laporan perusahaan analitik aplikasi, App Annie, pada Januari aplikasi TikTok tumbuh 125% selama dua tahun terakhir.

Bahkan aplikasi yang dikembangkan oleh Beijing ByteDance Technology ini telah memiliki ratusan juta pengguna. TikTok juga telah mengantongi 842 juta unduhan dari Apple App Store dan Google Play Store dalam 12 bulan terakhir. Angka tersebut meningkat 15% dari tahun ke tahun.

Ini bukan pertama kalinya YouTube mengembangkan versi fitur populernya sendiri di platform sosial lain. YouTube juga membawa versi Instagram Stories ke dalam platform YouTube. (Baca juga; Segera Rilis, Satu Akun WhatsApp Bisa Digunakan di Banyak Perangkat )

Mempertimbangkan basis pengguna yang besar (lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan) dan perjanjian lisensi musik yang mereka miliki, rasanya tidak mengejutkan bila YouTube membangun TikTok versi mereka.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0521 seconds (0.1#10.140)