Ketua DPRD Pangandaran Dorong Pembudidayaan Lebah Madu Jadi Objek Wisata

Selasa, 31 Maret 2020 - 22:56 WIB
Ketua DPRD Pangandaran Dorong Pembudidayaan Lebah Madu Jadi Objek Wisata
Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin. Foto/SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin berharap potensi lebah madu di Pangandaran bisa diubah menjadi kawasan objek wisata.

"Potensi lebah madu jangan hanya untuk kebutuhan konsumsi dan bisnis saja, tapi kembangkan menjadi destinasi wisata," kata Asep.

Selain lebah madu untuk dikonsumsi dan dijadikan bisnis, pembudidaya dituntut harus berinovasi agar menjadikan daya tarik wisata. "Rangsanglah wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran untuk berkunjung ke kawasan pembudidayaan lebah madu," ujar dia.

Potensi lebah madu di Kabupaten Pangandaran sangat besar, di antaranya dengan memanfaatan kawasan hutan bukan kayu. "Banyak orang yang membutuhkan madu, tetapi mereka bingung harus mencari ke mana," tutur Asep.

Peluang pasar kebutuhan tersebut bisa dimanfaatkan oleh pembudidaya dengan melakukan terobosan wisata lebah madu. "Silakan pembudidaya lebah madu bersatu membuat organisasi, nanti kami di DPRD mendorong sesuai tupoksi," ungkap Ketua DPRD Pangandaran.

Asep mengatakan, jika pembudidaya lebah madu berjalan masing-masing maka hal tersebut sulit diwujudkan. "Kami melihat dari potensi dan ketekunan pembudidaya lebah madu, prodak madu Pangandaran bisa jadi unggulan," kata Asep.

Pembudidaya lebah madu, ujar Asep, juga harus diberi wawasan agar hasil panen lebah madu maksimal. Siapkan vegetasi yang baik agar menghasilkan madu yang baik pula. "Saya melihat dari mulai proses tahapan ke tahapan, pembudidaya lebah madu masih tradisional," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5419 seconds (0.1#10.140)