1.200 Personel TNI dan Polri Kawal Proses Pemakaman Ibunda Presiden Jokowi

Kamis, 26 Maret 2020 - 12:44 WIB
1.200 Personel TNI dan Polri Kawal Proses Pemakaman Ibunda Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo di depan peti jenazah ibundanya, Sudjiatmi Notomiharjo di rumah duka, Jalan Pleret Raya Nomor 9A Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (25/3/2020) malam. Foto/Biro Pers Sekretariat Presiden
A A A
SOLO - Sebanyak 1.200 personel gabungan TNI dan Polri dikerahkan untuk mengawal prosesi pemakaman ibunda Presiden Joko Widodo , Sudjiatmi Notomiharjo, Kamis (26/3/2020).

Personel akan ditempatkan di rumah duka, Jalan Pleret Raya Nomor 9A Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo hingga lokasi pemakaman di pemakaman keluarga di Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar. (Baca juga; Masjid Baiturahman Disiapkan untuk Salat Jenazah Ibunda Presiden Jokowi )

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, 1.200 personel pengamanan VVIP terdiri 650 dari unsur TNI dan 550 dari Brimob. "Pengamanan di rumah duka, sekitar rumah duka, rute pemakaman dan lokasi pemakaman," kata Rycko Amelza Dahniel, Rabu (25/3/2020) malam.

Keterangan pers disampaikan di pintu masuk Jalan Pleret Raya, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo yang merupakan jalan tempat kediaman Sudjiatmi Notomiharjo. Pintu masuk menuju rumah duka akan disekat.

Sebagaimana amanah dari keluarga Presiden Jokowi yang meminta agar para pelayat cukup mendoakan dari rumah saja. Pihak keluarga sangat memahami dan menghormati situasi saat ini, termasuk kebijakan pemerintah, dan maklumat Kapolri terkait upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

"Salah satunya adalah menjaga jarak, tidak berkerumun, tidak mengadakan kegiatan yang mendatangkan warga cukup banyak," kata Kapolda. (Baca juga; Sudah 4 Tahun Ibunda Presiden Jokowi Mengidap Kanker )

Mengingat rumah duka juga tidak terlalu besar, keluarga juga tidak bisa masuk semua karena dijaga jaraknya. "Yang ada di dalam tadi hanya keluarga kandung semua," katanya.

Pangdam IV Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi mengatakan, pengamanan dilakukan VVIP karena ada Presiden. Pihaknya mengimbau agar masyarakat cukup mendoakan dari rumah.
"Sehingga dalam pengaturannya nanti pasti lebih lancar karena tidak semua masyarakat berpartisipasi langsung ke pemakaman," kata Mochamad Effendi.

TNI dan Polri siap mengamankan prosesi pemakaman hingga acara selesai. Apabila nanti ada acara tahlil dan lainnya, pihaknya tetap melakukan pengamanan.

Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi) Sudjiatmi Notomiharjo meninggal dunia di RST Slamet Riyadi, Solo Rabu (25/3/2020) sore pukul 16.45 WIB karena sakit. Sudjiatmi sejak empat tahun terakhir menderita sakit kanker.

Pemakaman rencananya akan dilakukan Kamis (26/3/2020) pukul 13.00 WIB. Jenazah akan dimakamkan di pemakaman Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3661 seconds (0.1#10.140)