Bantu Penanganan Corona, Rumah Zakat Kirim APD ke RS dan Puskemas

Rabu, 25 Maret 2020 - 19:06 WIB
Bantu Penanganan Corona, Rumah Zakat Kirim APD ke RS dan Puskemas
Rumah Zakat salurkan APD ke tiga rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Bandung. Foto/Dok/Humas RZ
A A A
BANDUNG - Rumah Zakat menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) ke tiga rumah sakit dan satu puskesmas di Kota dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Penyaluran APD tersebut diharapkan mencegah tim medis tertular COVID-19 yang telah menewaskan enam dokter di Indonesia.

APD yang merupakan donasi dari komunitas Tangan di Atas (TDA) itu dikirimkan ke RS Hasan Sadikin, RS Soreang, RS Al Ihsan, UPT Puskesmas Riung Bandung. (Baca juga; Kehabisan APD dan Dacron Sweap, Petugas Medis Rumah Sakit di Indramayu Resah )

“Sebelumnya, stok APD tenaga medis Indonesia tengah menipis. Sehingga mereka terpaksa menggunakan perlengkapan seadanya seperti jas hujan dan juga masker yang tidak standar. Padahal mereka garda terdepan yang sangat rentan terpapar virus corona,” kata Chief Program Officer Rumah Zakat Murni Alit Baginda.

Selain menyalurkan APD, Rumah Zakat pun menyalurkan makanan bergizi seperti buah-buahan dan susu bagi tim medis. Ini adalah upaya agar daya tahan tubuh para dokter, perawat, dan juga petugas rumah sakit lainnya meningkat.

“Jangan sampai ada korban lagi dari tim medis Indonesia. Kami sangat bersyukur masyarakat Indonesia sangat memperhatikan kondisi para pahlawan COVID-19 ini, sehingga donasi untuk mereka terus berdatangan,” ujar Murni. (Baca juga; Peralatan Kesehatan untuk Pencegahan Corona di Majalengka Masih Minim )

Direktur RSU Soreang Iping Suripto W menerima langsung APD dari Rumah Zakat. Kondisi rumah sakit saat ini masih banyak warga yang datang untuk melakukan pengobatan dan ada beberapa melakukan chek kesehatan untuk kasus COVID-19.

“Adanya bantuan dari Rumah Zakat mudah mudahan kasus-kasus COVID-19 yang berobat ke soreang tidak membludak dan masyarakat bisa terlepas dari virus ini,” ucapnya.

Selain di Kota Bandung, Rumah Zakat akan terus mendistribusikan bantuan untuk para tenaga medis di kota lainnya yang berada di 33 Provinsi. Selain mendistribusikan alat pelindung diri, Rumah Zakat masih mengirimkan relawan untuk membersihkan fasilitas umum seperti masjid, halte bus dan jembatan penyeberangan di 212 titik lokasi di 48 kabupaten dan 22 provinsi.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.1645 seconds (0.1#10.140)