Gerakan Pungut Sampah di Lembang Hasilkan 6 Ton Sampah

Minggu, 09 Februari 2020 - 22:44 WIB
Gerakan Pungut Sampah di Lembang Hasilkan 6 Ton Sampah
Bupati Bandung Barat, Kapolres Cimahi, serta Dansektor 22 Satgas Citarum Harum, saat melepas masyarakat yang akan melakukan gerakan pungut sampah di kawasan Lembang, Minggu (9/2/2020). SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Warga Lembang dan sekitarnya begitu antusias untuk mengikuti kegiatan Gerakan Pungut Sampah (GPS) di sejumlah area publik di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat , Jawa Barat (Jabar), Minggu (9/2/2020). Terbukti kegiatan yang digagas Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sangkuriang dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ini diikuti lebih dari seribu warga.

Kegiatan ini turut dihadiri langsung oleh Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, Kapolres Cimahi AKBP Mochammad Yoris Maulana Yusuf Marzuki, Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Kolonel Asep Rahmat, serta sejumlah pejabat SKPD Pemda KBB. Aksi pungut sampah dimulai dari kawasan Pasar Panorama Lembang, kemudian warga berjalan kaki memungut sampah dari Jalan Grand Hotel sampai Alun-alun Lembang.

"Saya menyambut positif aksi GPS yang digagas IJTI dalam rangka peringatan HPN. Apalagi antusias masyarakat juga sangat tinggi, ini mencirikan jika kesadaran mereka untuk menjaga kebersihan lingkungan sudah tumbuh," kata Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna di sela kegaiatan.

Menurut dia, pemilihan Lembang sebagai lokasi kegiatan aksi pungut sampah sangat tepat. Sebab, Lembang merupakan daerah destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Guna mendukung aksi GPS, dikerahkan 2 unit truk sampah, 1 armada pengangkut sampah liar (APSL), dan 4 sepeda motor pengangkut sampah.

"Total sampah yang berhasil dipungut mencapai 6 ton dan langsung dibuang. Saya juga mengucapkan selamat kepada insan pers yang hari ini berulang tahun. Semoga pers nasional tumbuh berkembang dan semakin dipercaya masyarakat," tuturnya.

Ketua IJTI Sangkuriang, Edwan Hadnansyah menyebutkan, IJTI ingin mengisi HPN dengan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Sampah selalu menjadi persoalan bukan hanya menjadi manusia tapi juga lingkungan. Terlebih di daerah Lembang yang menjadi destinasi wisata dan selalu didatangi oleh ribuan pengunjung setiap akhir pekan atau hari libur.

"Semoga bukan hanya kali ini, kegiatan seperti ini harus terus digalakan oleh masyarakat agar tercipta lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman," tandasnya.(Baca juga; IJTI Sangkuriang Peringati HPN, Ajak Bupati-Dandim-Kapolres Pungut Sampah )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2897 seconds (0.1#10.140)