Pemilu Berlalu, Ini Sejumlah PR Bawaslu Majalengka

Senin, 23 Desember 2019 - 11:43 WIB
Pemilu Berlalu, Ini Sejumlah PR Bawaslu Majalengka
Kordiv Organisasi dan SDM Kabupaten Majalengka Alan Barok saat memberikan materi. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2019 beberapa waktu lalu menyisakan pekerjaan rumah (PR) tersendiri bagi Bawaslu Kabupaten Majalengka. Pekerjaan rumah itu antara lain terkait petugas pengawas.

Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Kabupaten Majalengka Alan Barok mengatakan, dari catatan yang ada, dilihat dari latar belakang agama, petugas di Bawaslu hanya diisi oleh satu agama.

"Saat kemarin, petugas ternyata tidak ada dari nonmuslim. Padahal kami berharap akan ada dari semua latar belakang," kata Alan saat menjadi pembicara dalam Refleksi dan Evaluasi Pengawasan Partisipatif bersama Mahasiswa, Pemuda Lintas Agama, dan Santri di salah satu hotel di Majalengka Kota, Senin (23/12/2019).

Tersendatnya komunikasi disinyalir jadi pemicu fakta terkait latar belakang pengawas pada Pemilu 2019. "Mungkin kemarin-kemarin ada miskomunikasi, sosialisasi dari kami. Oleh karena itu kami mohon masukan dari bapak ibu semuanya," jelas dia.

Alan juga menyoroti tentang minimnya laporan yang masuk ke Bawaslu. Alan menjelaskan, pada Pemilu 2019 lalu, hampir tidak ada info awal terkait dugaan pelanggaran pemilu. "Apalagi dalam bentuk laporan resmi. Kami tidak tahu, ini benar-benar tidak ada pelanggaran atau yang lainnya," ujarnya.

Terkait beberapa catatan itu, dalam kesempatan tersebut pihak Bawaslu Majalengka meminta peserta untuk memberikan penilaian dan saran kepada Bawaslu. Penilaian dan saran itu disampaikan dalam bentuk tertulis.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0844 seconds (0.1#10.140)