Geo Dipa Energi Libatkan Masyarakat Jaga Ketahanan Energi Panas Bumi

Rabu, 18 September 2019 - 00:45 WIB
Geo Dipa Energi Libatkan Masyarakat Jaga Ketahanan Energi Panas Bumi
PT Geo Dipa Energi (Persero) menggelar Sosialisasi Energi Ramah Lingkungan Proyek Patuha Unit 2 di WKP Area Patuha Jabar, 16-17 September 2019. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - PT Geo Dipa Energi (Persero) melibatkan masyarakat sekitar Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Area Patuha, Jawa Barat dan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah dalam menjaga ketahanan energi nasional melalui energi panas bumi.

Upaya tersebut dilakukan Geo Dipa Energi melalui Sosialisasi Energi Ramah Lingkungan Proyek Dieng Unit 2 dan Patuha Unit 2 selama 5 hari penuh. Sosialiasi di WKP Dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah digelar 11-13 September 2019 yang mencakup enam desa dan pemerintah daerah. Sementara di Area Patuha diselenggarakan pada 16-17 September 2019 untuk tiga desa dan pemerintah daerah.

General Manager Proyek Dieng Unit 2 dan Patuha Unit 2 PT Geo Dipa Energi (Persero), Supriadinata Marza mengatakan, melalui proyek ini, Geo Dipa Energi akan meningkatkan kontribusinya dalam menjaga ketahanan energi nasional melalui energi panasbumi yang dikenal bersih dan ramah lingkungan.

Kabar gembira ini, kata dia, disampaikan ke masyarakat yang nantinya akan menjadi penerima manfaat dari kegiatan pengusahaan panas bumi ini. Selain itu, pihaknya melibatkan masyarakat untuk berperan serta menjaga, melindungi, dan memelihara kelestarian wilayah kegiatan pengusahaan panas bumi.

"Selain itu, tujuan dari sosialisasi ini adalah mengenai hak masyarakat dan pemangku kepentingan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan pengusahaan panas bumi. Sosialisasi seperti ini akan dilakukan rutin berkala," ujar Supriadinata dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Selasa (17/9/2019) malam.

Melalui keterbukaan informasi seperti ini, lanjutnya, Geo Dipa Energi dapat memberikan informasi-informasi yang tepat sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan rasa keterlibatan dari masyarakat dan pemangku kepentingan dalam proyek ini.

"Sosialisasi seperti ini sebetulnya sudah sering dilakukan Geo Dipa sejak tahun 2002 sampai saat ini dan akan terus ditingkatkan untuk mendorong pengembangan panas bumi di seluruh Indonesia," katanya.

Saat ini, Geo Dipa Energi berkontribusi melalui pajak, penerimaan negara bukan pajak, program community development maupun penyerapan tenaga kerja lokal nonskill yang selalu menunjukan peningkatan yang positif.

"Untuk permulaan pemberdayaan masyarakat sekitar, Geo Dipa selalu melibatkan UMKM dari Bandung, Banjarnegara, dan Wonosobo binaan Geo Dipa," imbuhnya.

Untuk diketahui, PT Geo Dipa Energi (Persero) menargetkan memiliki total kapasitas terpasang sebesar 270 MW dalam lima tahun medatang. Proyek Dieng Unit 2 dan Patuha Unit 2 ini akan meningkatkan kontribusi dalam berbagai aspek, baik ekonomi, sosial maupun lingkungan.

Penambahan kapasitas ini berarti akan mendongkrak pendapatan daerah melalui bonus produksi panas bumi dan kontribusi program tanggung jawab sosial perusahaan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Pencapaian target pengembangan usaha Geo Dipa terus sejalan dengan mengembangkan potensi pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitar melalui program mitra usaha kecil dan menengah," tandasnya.

PT Geo Dipa Energi (Persero) sendiri merupakan salah satu special mission vehicle di bawah Kementerian Keuangan untuk mendukung program pemerintah dalam penyedian listrik sebesar 35.000 MW.

PT Geo Dipa Energi (Persero) fokus pada penyediaan listrik tenaga panas bumi yang aman dan ramah lingkungan serta memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat sekitar.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2674 seconds (0.1#10.140)