Telur Penyet Sambal Petis Ini Dijamin Bikin Kamu Ketagihan

Senin, 02 September 2019 - 13:35 WIB
Telur Penyet Sambal Petis Ini Dijamin Bikin Kamu Ketagihan
Telur penyet sambal petis menjadi pilihan bersantap, khususnya mereka yang suka pedas. Masakan yang satu ini bisa bikin ketagihan. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Untuk mereka yang suka pedas dan telur, olahan telur penyet sambal petis bisa menjadi pilihan favorit bersantap. Menu ini memberi sensasi berbeda. Selain menggoyang lidah, juga menggugah selera.

Untuk membuatnya, ada beberapa tahapan yang dilakukan. Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB. Berikut cara mengolahnya.

Bahan 1:
4 butir telur rebus, kupas kulitnya lalu sayat/ kerat permukaannya supaya tidak meletus saat digoreng
minyak goreng secukupnya

Bahan 2: (marinasi)
½ sdt garam
1 sdt Desaku Ketumbar Bubuk
½ sdt Desaku Kunyit Bubuk
2 sdm air

Bahan 3:
5 buah cabai rawit merah gandot
2 siung bawang putih, goreng utuh
1 ruas temu kunci
½ sdt garam
2 sdt gula pasir
1½ sdm petis udang
2 sdm air panas

Cara membuat:Panaskan minyak goreng, goreng langsung telur. Campur dan larutkan semua bahan bumbu marinasi (bahan 2) dalam satu wadah.

Masukkan setengah bumbu marinasi, tunggu hingga minyak bening kembali. Masukkan sisa bumbu marinasi, tunggu hingga minyak bening kembali. Angkat telur dan tiriskan.

Ulek cabai rawit merah, temu kunci bawang putih, garam dan gula pasir hingga halus. Masukkan petis udang, ulek hingga rata. Masukkan air panas, ulek kembali hingga rata. Letakkan telur yang sudah digoreng di atas sambal petis, kemudian penyet telur perlahan. Sajikan selagi hangat!
(zik)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
artikel/ rendering in 0.1135 seconds (11.252#12.26)