TKW asal Serang Hilang di Malaysia

Rabu, 06 Mei 2015 - 17:18 WIB
TKW asal Serang Hilang di Malaysia
TKW asal Serang Hilang di Malaysia
A A A
SERANG - Yati Rochyati warga Kampung Pipitan, RT 08/02, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, dikabarkan menghilang sejak menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Malaysia, 10 tahun lalu.

“Anak saya berangkat ke Malaysia sejak 2005 lalu, karena diajak sponsor di Ciruas bernama Eva. Tetapi sejak itu, anak saya tidak ada kabar, sponsor itu pun jadi sulit ditemui," kata Ibunda Yati, Rati, kepada wartawan, Rabu (6/5/2015).

Rati menuturkan, dirinya terakhir kali mendapatkan kabar Yati enam bulan lalu. Saat itu, Yati mengaku sudah bekerja dan akan dipindah kerjaan di Selangor, dan meminta agar biaya masuk sekolah anaknya dibebankan kepada suaminya.

"Saat ini anaknya sudah berusia 14 tahun. Suaminya sekarang kerja di Jambi, pulang setahun sekali saat Lebaran saja. Anaknya sudah Kelas 2 SMP. Saya juga sudah mencoba menghubungi agensi di Jakarta, tapi tidak ada hasilnya," terangnya.

Dia melanjutkan, pihak agensi hanya menyebut Yati sudah bekerja. Saat ditanya di perusahaan itu, agensi itu tidak mengetahuinya dengan alasan tidak hafal nama perusahaannya. Mereka hanya merujuk satu nama Mansyur.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Pipitan Owin Kurniawan membenarkan, jika ada warganya yang hilang di Malaysia.
Informasi tersebut dia dapatkan sejak satu tahun lalu. Namun Owin mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi keberadaan warganya itu di Malaysia. Alasannya, sponsor yang membawa warganya sulit untuk ditemui.

“Kami akan terus menelusuri keberadaan warganya. Bahkan dalam waktu dekat kami akan menghubungi BPN2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) untuk melakukan koordinasi,” pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9844 seconds (0.1#10.140)