Alami Cidera Parah, Al-Baghdadi Disebut Tak Lagi Pimpin ISIS

Minggu, 03 Mei 2015 - 14:05 WIB
Alami Cidera Parah, Al-Baghdadi Disebut Tak Lagi Pimpin ISIS
Alami Cidera Parah, Al-Baghdadi Disebut Tak Lagi Pimpin ISIS
A A A
MOSUL - Abu Bakar al-Baghdadi disebut-sebut tidak lama lagi akan mundur sebagai pemimpin ISIS. Ini dikarenakan, dirinya mengalami cidera yang cukup serius di bagian punggung akibat serangan yang dilancarkan Amerika Serikat (AS) dua bulan lalu.

Menurut laporan The Guardian, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (3/5/2015), tulang punggung al-Baghdadi mengalami kerusakan yang cukup parah yang memaksa dirinya untuk terus beristirahat. "Luka yang dialami Baghdadi ini bisa berarti dia tidak akan pernah lagi memimpin organisasi (ISIS)," bunyi laporan The Guardian.

Surat kabar asal Inggris itu, yang mengutip dari sumber dekat ISIS, menyatakan, al-Baghdadi tengah menjalani pengobatan intensif yang dilakukan oleh dua orang dokter spesialis yang sengaja didatangkan khusus ke Mosul, Irak. Kelompok radikal itu juga dikabarkan dalam waktu dekat kemungkinan akan menunjuk pemimpin baru.

Abu Alaa Al-Afr, seorang ahli fisika dan anggota senior ISIS digadang-gadang akan menjadi pengganti al-Baghdadi. Ial-Afr, yang tidak lain merupakan wakil dari al-Baghdadi, saat ini memang tengah menjadi pimpinan sementara kelompok radikal tersebut.

Akan segera diangkatnya al-Afr sebagai pimpinan baru ISIS diperkuat oleh pernyataan penasihat pemerintah Irak, Hisham al-Hashimi yang menyebut jika suatau saat al-Baghadadi sudah tidak mampu lagi memimpin ISIS, maka al-Afr adalah sosok pengganti yang sepadan.

"Dia (al-Afr) akan menjadi pemimpin Daesh (istilah Arab yang dipakai untuk merendahkan ISIS) jika suatu saat Baghdadi mati, atau sudah tidak mampu lagi memimpin," ucapnya dalam sebuah wawancara dengan media AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4394 seconds (0.1#10.140)