Ratusan Rumah di Kulon Progo Terendam Banjir

Sabtu, 25 April 2015 - 15:09 WIB
Ratusan Rumah di Kulon Progo Terendam Banjir
Ratusan Rumah di Kulon Progo Terendam Banjir
A A A
KULON PROGO - Ratusan rumah yang tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Kulon Progo terendam banjir. Hujan deras yang mengguyur sejak Jumat 24 April 2015 malam hingga Sabtu pagi, telah membuat beberapa sungai meluap.

Tujuh kecamatan yang terendam banjir di Kecamatan Temon, Wates, Panjatan, Galur, Lendah, Sentolo maupun Pengasih. Rendaman terparah di Kecamatan Panjatan, yang menggenangi 797 rumah warga.

Ketinggian air bervariasi, antara 30 cm hingga satu meter. Bahkan di luar rumah, ketinggian air bisa lebih tinggi. “Sejak malam hujan deras, kalau di sini air mulai masuk sekitar pukul 21.00 malam,” jelas Sukowati, Sabtu (25/4/2015).

Luapan Sungai Gun Sheiro ini terus menyebar di sepanjang aliran sungai. Bahkan, hingga dini hari, beberapa rumah di Sungapan, Lendah, baru kemasukan air. Air ini merupakan kiriman dari wilayah Wates dan Bendungan.

“Daerah sini memang sudah menjadi langganan banjir,” jelasnya.

Sepanjang malam warga terpaksa ronda untuk mengantisipasi banjir yang terus naik. Warga sendiri sudah mengemasi barangnya ke beberapa tempat yang lebih tinggi. Air hujan juga menggenangi perkantoran, dan sekolah.

Beberapa sekolah terpaksa meliburkan siswanya. “Di Panjatan ada sekitar 700 rumah warga yang terenda, makanya kami buat dapur umum di sini,” jelas Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo, disela melakukan pantauan musibah banjir.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3550 seconds (0.1#10.140)