Diancam Diserang AS, Militer Iran Didesak Siaga

Senin, 20 April 2015 - 10:58 WIB
Diancam Diserang AS, Militer Iran Didesak Siaga
Diancam Diserang AS, Militer Iran Didesak Siaga
A A A
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mendesak militer Iran siaga untuk mengusir serangan yang mungkin akan dilakukan Amerika Serikat (AS). Desakan Khamenei muncul setelah AS mengancam akan menyerang Iran jika tidak ada kesepakatan nuklir yang tercapai.

Pernyataan Khamenei itu dipicu komentar Kepala Staf Gabungan Militer AS, Jenderal Martin Dempsey, yang menegaskan, bahwa opsi militer AS terhadap Iran tetap utuh jika perundingan nuklir gagal. Opsi militer itu, kata Dempsey, untuk mencegah Iran memperoleh senjata atau bom nuklir. (Baca: Cegah Iran Miliki Bom Atom, AS Tetap Pakai Cara Militer)

“Setelah periode diam oleh pihak lain, salah satu pejabatnya sekali lagi berbicara opsi (militer) di atas meja,” kata Khamenei tanpa menyebut langsung nama Jenderal Dempsey.

”Di satu sisi mereka menggertak, dan di sisi lain mereka mengatakan Republik Islam Iran harus menghentikan kemajuan pertahanan, ini merupakan pernyataan bodoh,” kecam Khamenei.

”Iran tidak akan pernah menerima komentar bodoh seperti itu dan bangsa kita telah membuktikan bahwa jika diserang, ia akan mempertahankan diri dengancukup kuat. Ini akan bersatu dan seperti tinju yang kuat terhadap agresor yang tidak logis.” (Baca juga: Khamenei: Bom Atom Iran Mitos Karangan Amerika)

Khamenei lantas mendesak elit militer Iran siap untuk mengusir setiap serangan.”Mereka mengancam Iran dan ingin kita tidak memiliki kemampuan untuk pertahanan,” katanya.

”AS mengancam dengan cara yang paling tak tahu malu untuk memberikan serangan terhadap Iran. Itu sebabnya, kita harus siap untuk pertahanan dalam hal apapun,” katanya lagi, seperti dikutip Reuters, Senin (20/4/2015).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3056 seconds (0.1#10.140)