Ratusan Mahasiswa Suarakan Dasasila Bandung Jelang KAA

Minggu, 19 April 2015 - 12:09 WIB
Ratusan Mahasiswa Suarakan Dasasila Bandung Jelang KAA
Ratusan Mahasiswa Suarakan Dasasila Bandung Jelang KAA
A A A
BANDUNG - Ratusan mahasiswa Bandung dari Gerakan Muda Nusantara Cinta Damai (Gemascida) melakukan kampanye dan aksi teatrikal untuk menyambut Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60.

Koordinator Lapangan Gemascida, Hasanudin, mengatakan, aksi tersebut adalah sebuah kampanye sebagai seruan agar Kota Bandung sebagai tuan rumah acara KAA ke 60 bisa terus damai dan sukses.

“Kami juga di sini menyuarakan semangat nilai dasar KAA. Kami sampaikan itu kepada masyarakat dengan pesan seni dan orasi,” ungkapnya kepada wartawan di Car Free Day (CFD) Dago, Minggu (19/4/2015).

Hasanudin mengungkapkan, hal terpenting dalam kampanye kali ini adalah untuk mengingatkan kembali isi dari Dasasila Bandung yang merukan buah dari KAA pertama pada tahun 1955 silam.

Menurutnya, nilai-nilai yang tertuang dalam Dasasila Bandung seperti isu HAM, intervensi asing, dan kapitalisme sangat perlu disuarakan demi kepentingan Indonesia dan para negara-negara peserta KAA.

“Selain Dasasilan Bandung, kami juga ingin mengajak semua untuk menangkis paham-paham radikalisme yang sedang marak di dunia Internasional,” jelasnya.

Dalam kampanye yang berlangsung sejak pukul 07.00 WIB hingga gelaran CFD Dago usai tersebut, massa secara bergantian berorasi.

Selain itu mahasiswa juga menggelar berbagai macam tarian mulai dari tradisional hingga kontemporer.

Selain itu, dalam acara tersebut juga massa membagian brosur berisi ajakan untuk mendukung kesuksesan KAA.

Diakhir acara, massa membagikan sekira 1.000 balon warna merah dan putih kepada pengunjung CFD Dago untuk dilepaskan secara bersama-sama.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3647 seconds (0.1#10.140)