Kapal Rombongan Pengantin Karam di Perairan Mahakam

Selasa, 14 April 2015 - 23:05 WIB
Kapal Rombongan Pengantin Karam di Perairan Mahakam
Kapal Rombongan Pengantin Karam di Perairan Mahakam
A A A
SAMARINDA - Kapal KM Batuah DC2 karam di perairan Sungai Mahakam di Desa Segihan, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Satu penumpang kapal yang melayani rute Samarinda-Muara Muntai ini sempat hilang dan kemudian ditemukan sudah meninggal.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara Darmansyah menyebutkan kapal dua dek ini tenggelam pada Selasa (14/4/2015) sekira pukul 00.00 Wita.

Saat kejadian, kapal nahas tersebut mengangkut 35 penumpang termasuk anak buah kapal (ABK).

“Kapal ini mengangkut rombongan pengantin dari Samarinda dengan tujuan Muara Muntai. Kapal tenggelam karena pompa air yang membuang air dari dalam dek kapal mati,” ungkap Darmansyah.

Dia menjelaskan saat pompa air mati, nakhoda kapal bernama Jaini Gani meminta salah seorang ABK mengambil alih kemudi.

Jaini kemudian menggunakan pompa lainnya untuk mengeluarkan air. Namun, pompa ini tidak mampu mengimbangi air yang masuk sehingga air mulai memenuhi kapal.

“Saat air terus masuk, Jaini memerintahkan ABK yang memegang kemudi untuk mengarahkan kapal ke tepi sungai dan menabrakkan ke perairan dangkal. Kapal berhasi menyentuh dasar sungai yang dangkal,” kata Darmansyah.

Cara ini terbukti jitu membuat kapal tidak karam sepenuhnya. Penumpang kemudian dievakuasi ke tepi sungai. Namun istri Jaini, Lina (30) yang ikut dalam kapal ternyata hilang.

Padahal, sebelum kapal menabrak dasar sungai, Lina sempat membangunkan penumpang lain yang berada di dek dua. Saat dilakukan pencarian pada Selasa pagi, Lina ditemukan sudah tak bernyawa.

Usai ditemukan, jasad Lina langsung dibawa ke Kecamatan Muara Muntai untuk disemayamkan. Polsek Sebulu masih melakukan penyelidikan atas peristiwa ini.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4109 seconds (0.1#10.140)