3 Negara di Dunia yang Menggunakan Bendera Berlafadz Allah

Senin, 02 Januari 2023 - 16:05 WIB
loading...
3 Negara di Dunia yang Menggunakan Bendera Berlafadz Allah
Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tiga bendera berlafadz Allah yang dimiliki negara-negara di dunia. Tentu semuanya adalah negara Islam . Pada perkembangannya, Islam menjadi salah satu agama dengan penganut terbesar di dunia.

Selain itu, cukup banyak juga negara-negara di dunia yang menyatakan dirinya dengan jelas sebagai negara berasaskan Islam. Dari sekian banyak negara Islam, beberapa di antaranya diketahui turut menyematkan lafadz Allah di bendera negaranya.

Siapa sajakah mereka? Berikut tiga negara di dunia yang menggunakan bendera berlafadz Allah.



1. Irak
Irak merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Barat. Dengan ibukota di Baghdad, negara ini berbatasan dengan Iran di timur, Suriah di barat, Yordania di barat daya, Arab Saudi di selatan, Kuwait di tenggara, serta Turki di bagian utara.

Dalam salah satu identitasnya, Irak memiliki sebuah bendera dengan selipan kalimat Allahu Akbar. Mengutip Britannica, Senin (2/01/2023), penyematan bendera tersebut memiliki sejarah panjang dalam pemilihannya.

Sempat silih berganti, sekitar tahun 1959 Irak menentukan bendera dengan garis-garis vertikal berwarna hitam-putih-hijau. Kemudian, pada 31 Juli 1963 berganti kembali diganti dengan versi Bendera Pembebasan Arab.

Garis horizontal berwarna merah-putih-hitam ini memiliki makna, yakni merah sebagai kesediaan menumpahkan darah, hitam untuk pertempuran, dan putih untuk kemurnian.

Selain itu, mereka juga mengadopsi 3 bintang hijau yang berarti keinginan untuk menyatukan Irak dengan Suriah dan Mesir. Namun, pada 14 Januari 1991, bendera tersebut dimodifikasi atas perintah Saddam Hussein.

Dalam hal ini, dia memerintahkan untuk menambahkan tulisan arab berupa kalimat “Allahu Akbar” di antara 3 bintang di bendera Irak. Adapun hal tersebut dimaksudkan sebagai pencerminan terkait komitmen Islam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)