Longsor Sukabumi, Anggota DPR Apresiasi Kinerja BPBD

Senin, 30 Maret 2015 - 15:18 WIB
Longsor Sukabumi, Anggota DPR Apresiasi Kinerja BPBD
Longsor Sukabumi, Anggota DPR Apresiasi Kinerja BPBD
A A A
JAKARTA - Anggota DPR RI Reni Marlinawati mengapresiasi kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi yang dalam tempo singkat bisa mengevakuasi seluruh korban longsor di Kampung Cimerak, Desa Tegal Panjang, Kecamatan Cireunghas, Sukabumi, Jawa Barat.

"Saya lihat BPBD sudah sangat sigap. Mereka langsung terjun malam itu juga dan siang tadi bisa menemukan dan mengevakuasi korban ke-12," kata Reni saat dihubungi Sindonews, Senin (30/3/2015). Ketika dihubungi, Reni baru saja meninjau lokasi longsor yang merupakan daerah pemilihannya.

Menurut Reni, lokasi longsor yang merupakan jalan hidup itu memang dikelilingi tebing yang cukup curam. "Bahkan, pohon di kanan dan kiri jalan juga sudah banyak yang miring, sehingga kalau ada hujan besar rawan kena longsor dan bisa tumbang," ujarnya.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menambahkan, tugas selanjutnya dari pemerintah setempat adalah memastikan relokasi warga sekitar. Menurutnya, saat ini ada 700 warga yang mengungsi di kantor desa setempat dan rumah warga.

"Pemerintah daerah harus meyakinkan bahwa daerah itu tidak layak untuk dihuni dan warga mau direlokasi. Untuk saat ini, penanganan terhadap korban, terutama ibu dan anak, harus dilakukan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur Sukabumi membuat sebelas rumah di Kampung Cimerak RT 25/7 Desa Tegal Panjang, Kecamatan Cireunghas, Sukabumi, Jawa Barat, tertimpa longsor. Sebanyak 12 orang tertimbun longsor dan ditemukan tak bernyawa. Peristiwa tersebut terjadi Sabtu (28/3/2015) sekitar pukul 22.30 WIB.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.0259 seconds (0.1#10.140)