Pemkot Makassar Gelar LISA Award

Jum'at, 27 Maret 2015 - 20:18 WIB
Pemkot Makassar Gelar LISA Award
Pemkot Makassar Gelar LISA Award
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menggelar program Lihat Sampah Ambil (LISA) Award. Kegiatan ini rencananya akan digelar 8 Mei 2015.

“Selain LISA Award, kami juga akan menggelar rangkaian pameran yang diadakan mulai tanggal 1 Mei 2015,” tandas Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto saat berkunjung ke Kantor Sindonews.com, Jumat (27/3/2015).

Menurut dia, acara ini digelar dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar ke-408. LISA Award diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan kepada masyarakat yang peduli terhadap kebersihan.

Bagi pemenang LISA Award, rencananya akan ditulis dalam sebuah prasasti di Pantai Losari. “Agar warga yang memenangkan program LISA Award bangga dan yang lainnya ikut terdorong untuk menjaga kebersihan,” ungkap Danny Pomanto, sapaan akrab Mohammad Ramdhan Pomanto.

Program LISA merupakan salah satu kegiatan unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Untuk mendukung kebijakan ini, dia juga telah menyediakan puluhan mobil sampah yang dirancang sendiri dengan sebutan Mobil Sampah Tangkasaki (Truk Angkutan Sampah Kita).

Mobil ini didesain antikarat dan bak sampah terbuat dari aluminium. Kendaraan ini terbilang unik karena dilengkapi teknologi Global Positioning System (GPS). Sejauh ini, ada 48 armada dari 100 armada yang dibutuhkan.

"Mudah-mudah tahun 2015 ini, pengadaan Mobil Sampah Tangkasaki sudah selesai," ujar mantan Dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) ini.

Dalam sehari, kata dia, sampah masyarakat Kota Makassar sebanyak 1.000 ton dengan satu Tempat Pembuangan Sampah (TPA) di Tamangapa Antang.

Dengan program ini, diharapkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan semakin tinggi. "Agar masyarakat peduli kebersihan, setiap sampah yang dikumpulkan bisa ditukar dengan beras."

Selain program LISA, Pemkot Makassar juga memiliki program unggulan lainnya, seperti Makassar Smart Card (MSC). MSC ini berbentuk kartu yang dapat digunakan untuk berbagai macam layanan, di antaranya layanan kesehatan. "Dengan adanya MSC warga Makassar bisa berobat gratis," ungkapnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0130 seconds (0.1#10.140)