Ruas Jalan Nasional di Jabar Dibiarkan Rusak

Jum'at, 27 Maret 2015 - 03:01 WIB
Ruas Jalan Nasional di Jabar Dibiarkan Rusak
Ruas Jalan Nasional di Jabar Dibiarkan Rusak
A A A
GARUT - Sejumlah ruas jalan nasional di Jawa Barat rusak berat. Ruas jalan yang mengalami kerusakan ini berada di beberapa kabupaten/kota.

Unit Pengaduan Masyarakat Komite Peduli Jawa Barat Victor Jhon Rantung menilai, pemerintah lambat dalam menangani kerusakan jalan tersebut.

Dari laporan dan pemantauan yang dilakukan pihaknya, rusaknya jalan setidaknya telah terjadi sejak Desember 2014 lalu.

“Sejak wilayah Jawa Barat diguyur hujan deras Desember tahun lalu, kondisi jalan nasional di berbagai kabupaten/kota mulai banyak yang rusak dan berlubang. Empat bulan berlalu, pemerintah belum juga memperbaikinya,” kata Victor di Garut, Kamis (26/3/2015).

Dia menyebut jalan nasional yang mengalami kerusakan ini di antaranya yaitu poros Cileunyi-Nagreg-Limbangan-Ciamis; Cibadak-Sukabumi-Cikembang-Pelabuhan Ratu; Sukabumi-Cianjur; Sukabumi-Bandung-Padalarang; Cileunyi-Sumedang-Pantura; dan beberapa jalan di kawasan Bandung metropolitan.

“Pemerintah terkesan melakukan pembiaran. Kerusakan di semua poros jalan ini merata. Di beberapa titik ruas jalan, ada lubang. Kami sangat menyayangkan pemerintah, dalam hal ini Balai Penanganan Jalan Nasional Wilayah IV Jawa Barat, Banten, dan DKI,” ujarnya.

Menurutnya, kerusakan jalan sangat berpotensi terhadap tingginya angka kecelakaan. Selain itu, buruknya kondisi jalan juga memengaruhi perekonomian masyarakat.

“Ekonomi masyarakat, khususnya di Jawa Barat, terhambat oleh kerusakan sarana jalan ini. Kami menerima beberapa pengaduan dari masyarakat. Intinya, masyarakat ingin agar pemerintah segera memperbaiki jalan nasional yang rusak ini,” imbuhnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6305 seconds (0.1#10.140)