Kakek 75 Tahun Ini Tinggal di Gubuk Reyot

Kamis, 26 Maret 2015 - 07:24 WIB
Kakek 75 Tahun Ini Tinggal di Gubuk Reyot
Kakek 75 Tahun Ini Tinggal di Gubuk Reyot
A A A
POLEWALI - Seorang kakek di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Ali K (75), tinggal di sebuah gubuk reyot layaknya kandang. Meski hidup memprihatinkan, kakek ini tak pernah putus asa dan pantang mengharap belas kasih orang lain.

Gubuk reyot tempat tinggal Kakek Ali terletak di Kelurahan Wattang, Kecamatan Polewali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Gubuk berukuran 2x3 meter itu terancam ambruk. Dindingnya pun sudah lapuk. Begitu pula bagian atap yang sudah bocor di mana-mana.

Tak ada barang berharga di gubuk reyot tersebut. Hanya ada kasur kapuk berukuran kecil, yang berasal dari pemberian warga beberapa waktu lalu.

Saat malam hari tiba, Kakek Ali harus menahan dinginnya cuaca. Jika hujan turun, bisa dipastikan tubuh kakek ini basah kuyup.

Di gubuk tersebut, Kakek Ali tinggal seorang diri. Istri tercinta yang biasa mengurusnya sudah meninggal. Sebenarnya, dia memilik dua anak. Namun, kedua anaknya itu juga hidup serba kekurangan. Makanya, dia enggan menumpang tinggal bersama kedua anaknya tersebut.

Untuk makan sehari-hari, Kakek Ali giat bekerja. Menjadi tukang becak hingga buruh tani, dilakoni. Namun, seiring usia, Kakek Ali tak bisa lagi mengayuh becak seperti beberapa tahun lalu.

Kakek Ali pun menceritakan, saat masih menjadi tukang becak, dia harus bersaing dengan ojek motor. Terkadang, warga enggan naik becak miliknya karena khawatir dengan usianya yang tak lagi muda dan kondisi becak yang tak layak pakai.

Sebulan ini, Kakek Ali hanya menetap di gubuk miliknya lantaran sakit. Ironisnya, belum ada perhatian dari pemerintah setempat. Jatah beras raskin pun tak pernah didapat.

Anda berminat membantu kakek ini?
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4486 seconds (0.1#10.140)