Era Baru Barcelona Mulai Bangkit

Rabu, 25 Maret 2015 - 17:36 WIB
Era Baru Barcelona Mulai Bangkit
Era Baru Barcelona Mulai Bangkit
A A A
BARCELONA - Era baru Barcelona mulai muncul seiring penampilan memikat amunisi anyar La Blaugrana yang mereka datangkan di musim 2014-2015. Kehadiran Luis Enrique pada kursi pelatih yang mengusung revolusi dalam skuat Catalan, mulai membuahkan hasil di paruh kedua musim ini.

Meski masih terlalu dini menyatakan pembelian anyar Barca berhasil, tapi sejauh musim ini berlangsung skuat Catalan seakan menandai lahirnya era baru di kubu Catalan. Kehadiran pemain-pemain baru seperti Neymar, Ivan Rakitic, Jeremy Mathieu, Luis Suarez hingga dua penjaga gawang Claudio Bravo dan Marc-Andre Ter Stegen sedikit banyak mengubah gaya bermain tiki-taka yang selama ini melekat.

Penampilan memikat amunisi anyar Barca, terlihat saat semua gol Catalan dalam satu pekan terakhir yakni melawan Manchester City dan Real Madrid diborong pemain yang baru menjalani musim perdana di Camp Nou. Rakitic, Mathieu dan Suarez, memberikan dua kemenangan penting buat skuat besutan Enrique dalam dua laga terakhir.

Apalagi ditambah performa menanjak yang diperlihatkan pemain senior seperti Lionel Messi dan Gerard Pique, memberikan keyakinan lebih dalam kubu Barca. Setelah musim yang mengecewakan di 2013-2014 lalu, Barca menunjukkan kebangkitan mereka. Mengalahkan rival abadi Real Madrid di El Clasico menjadi momentum Barca untuk berada dijalur juara.

Kemenangan tersebut membuat La Blaugrana kokoh di puncak klasemen sementara Liga Spanyol, dengan selisih empat poin dari Madrid. Dengan sisa 10 pertandingan terakhir, Catalan punya peluang besar kembali mengukuhkan dominasi mereka. Setelah kehilangan Victor Valdes dan gelandang veteran Xavi Hernandez dan Andres Iniesta mulai tergerus usai.

Ditambah Daniel Alves yang berada dipenghujung karirnya, otomatis Barca akan mengandalkan amunisi baru mereka. Ter Stegen dan Bravo terbukti mampu menggantikan peran Valdes, sedangkan di lini belakang Barca punya tembok kokoh baru dalam diri Mathieu yang diuntungkan dari cedera Sergio Busquets.

Perubahan posisi Mascherano, membuat bek asal Prancis itu mampu menunjukkan kinerjanya terbaik. Di lini tengah Rakitic dan Rafinha sepertinya akan jadi penerus, bila sewaktu-waktu Xavi serta Iniesta kehilangan Maqicnya. Pada posisi penyerang kehadiran Luis Suarez, Neymar dan Lionel Messi menjadikan serangan Barca sangat menakutkan.

Langkah Barca membuang pemain usang seperti Alex Song, Alexis Sanchez, Cristian Tello, hingga Pedro Rodriguez, Victor Valdes dan yang kemungkinan menyusul Xavi dan Alves jadi langkah evolusi Barca untuk menghadirkan era baru. Pemain anyar seperti Rakitic, Mathieu, Suarez hingga Neymar, akan jadi pondasi baru untuk Barcelona dalam beberapa tahun mendatang.

Apalagi larangan 1 tahun tak bisa aktif di bursa transfer pemain oleh FIFA, bakal mempengaruhi kekuatan Barca. Namun dukungan akademi La Masia tentu bisa jadi jalan keluar buat Barca. Kehadiran Luis Enrique membuat Barca tampil beda dengan tidak sepenuhnya hanya mengandalkan tiki-taka. Patut ditunggu apakah era baru Barca yang diusung Enrique dapat berjalan lancar.

(Baca Juga: Evolusi Tiki-Taka Jadikan Barcelona Sempurna)
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4949 seconds (0.1#10.140)