Bupati Sampaikan Pesan Presiden RI di Momen Hari Bela Negara di Rejang Lebong

Selasa, 27 Desember 2022 - 18:26 WIB
loading...
Bupati Sampaikan Pesan Presiden RI di Momen Hari Bela Negara di Rejang Lebong
Bupati Rejang Lebong Drs. H. Syamsul Effendi menjadi Innspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 di Halaman Kantor Bupati Rejang Lebong.
A A A
REJANG LEBONG - Bupati Rejang Lebong Drs. H. Syamsul Effendi menjadi Innspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 di Halaman Kantor Bupati Rejang Lebong.

Upacara dimulai sekitar pukul 07.30 WIB tadi pagi, dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Yusran Fauzi,ST, unsur FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), para pejabat dan PNS/ASN di lingkungan Pemkab Rejang Lebong, jajaran TNI/POLRI, Mahasiswa dan berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas).

Dalam amanatnya, Bupati Syamsul saat membacakan pesan dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo menyampaikan, dengan memperingati hari bela negara ini bahwa upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh komponen bangsa.
Bupati Sampaikan Pesan Presiden RI di Momen Hari Bela Negara di Rejang Lebong

“Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara, kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang," ujar Bupati Syamsul, Senin (19/12).

"Oleh karena itu kitalah harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul produktif inovatif dan budaya lain serta memiliki kesadaran bela negara," tambah Bupati.

Bupati juga menjelaskan, bela negara adalah sikap, perilaku dan tindakan warga negara dalam menjaga kedaulatan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Bela negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang laksanakan dengan penuh kesadaran, tanggungjawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara," ucapnya kembali.

Nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila, dan rela berkorban. Nilai yang harus terus di implementasikan baik di lingkungan pendidikan, pekerjaan maupun masyarakat.

“Saudara-saudaraku sebangsa dan tanah air pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 ini saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing untuk ikut serta dalam bela negara," katanya.

"Jadikan hari peringatan ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran semangat serta kewajiban dalam membela negara membangun bangsa dan mempertahankan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia," tutupnya.

Usai upacara tersebut, dilakukan penyerahan piagam penghargaan, ada tiga penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

Yakni, piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri kepada Bupati Rejang Lebong Drs. H. Syamsul Efendi,MM atas terbentuknya Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kabupaten Rejang Lebong.

Kemudian penghargaan kepada Kabupaten Rejang Lebong sebagai Kabupaten yang peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Dan penghargaan ketiga dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kepada Bupati Rejang Lebong sebagai Kabupaten dengan presentase jumlah sekolah terbanyak yang mengikuti gerakan nasional aksi bergizi dalam upaya pencegahan stunting.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)