RI Berani Menentang China atas Klaim Laut China Selatan

Senin, 23 Maret 2015 - 12:10 WIB
RI Berani Menentang China atas Klaim Laut China Selatan
RI Berani Menentang China atas Klaim Laut China Selatan
A A A
TOKYO - Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) berani menentang China atas klaim sebagian besar wilayah Laut China Selatan. Demikian laporan media Jepang, Yomiuri, dalam wawancarannya dengan Jokowi yang diterbitkan hari Minggu.

”Tidak ada dasar hukum (klaim China atas Laut China Selatan) dalam hukum internasional,” tulis koran Jepang itu mengutip pernyataan Jokowi. Selama ini, China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan dengan acuan peta kuno yang mereka miliki.

Menurut media Jepang tersebut, ini untuk pertama kalinya Jokowi berani mengambil posisi tegas dalam polemik Laut China Selatan sejak dia menjabat Presiden Indonesia Oktober 2014.

Indonesia sendiri tidak ikut bersengketa atas klaim Laut China Selatan. Tapi, kata Jokowi, Indonesia siap jadi penengah dari China dan negara-negara Asia yang bersengketa tersebut.

”Kita perlu perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik. Ini adalah penting untuk memiliki stabilitas politik dan keamanan guna membangun pertumbuhan ekonomi kita,” ujar Jokowi yang ikut dilansir Reuters, Senin (23/3/2015).

”Jadi kami mendukung Kode Etik (Laut China Selatan) dan juga dialog antara China dan Jepang, serta China dan ASEAN,” lanjut Jokowi.

Jokowi juga menegaskan bahwa ia dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dijadwalkan bertemu hari ini. Keduanya akan menandatangani kerja sama pertahanan dan bantuan kemanusiaan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4185 seconds (0.1#10.140)