ITTelkom Surabaya Launching Motor Listrik, Primadona Transportasi Masa Depan

Sabtu, 24 Desember 2022 - 08:41 WIB
loading...
ITTelkom Surabaya Launching Motor Listrik, Primadona Transportasi Masa Depan
ITTelkom Surabaya melaunching motor listrik yang menjadi primadona transportasi masa depan, Jumat (23/12/2022). Foto/dok. ITTelkom
A A A
Krisis energi fosil menjadi penyebab terbesar dari kenaikan BBM (bahan bakar minyak) terutama saat pemerintah resmi menaikkan harga pada September 2022 lalu. Selain itu transportasi yang menggunakan energi fosil memberikan pencemaran lingkungan yang cukup tinggi.

Melihat hal tersebut, alternatif transportasi listrik semakin dilirik terutama saat pemerintah mendukung untuk beralih ke kendaraan listrik dengan memberikan subsidi 8 juta untuk beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan ini.

ITTelkom Surabaya yang merupakan bagian dari Telkom Group di bawah Yayasan Pendidikan Telkom berperan dalam Sustainable Development Goals (SGDs). Salah satu kategorinya mengenai energi bersih dan terjangkau.

Motor listrik merupakan salah satu upaya memenuhi kategori tersebut. Di sisi lain, dilansir dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pada September 2022 mengatakan bahwa populasi sepeda listrik mencapai 10.300 kendaraan dan terus mengalami peningkatan. Tak mau ketinggalan, ITTelkom Surabaya meresmikan motor listrik di kampus ITTelkom Surabaya, Jumat (23/12/2022) .

“Mengingat kembali transportasi listrik pertama yang telah kita launching, pada dasarnya ini merupakan usaha untuk mengurangi pencemaran tranportasi listrik. Dengan beberapa mitra yang hadir disini, ini juga merupakan awalan dimana ke depannya ITTelkom Surabaya, Satlantas, dan PT MLI akan bekerja sama tidak hanya di kendaraan listrik saja namun juga ke kendaraan angkut, perijinan dan lainnya yang nanti akan dihubungkan dengan ICT," kata Rektor ITTelkom Surabaya, Tri Arief Sardjono.

ITTelkom Surabaya Launching Motor Listrik, Primadona Transportasi Masa Depan

Rektor ITTelkom, Tri Arief Sardjono dan Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, Kompol Arif Fazlurrahman.

Setelah berhasil melaunching truk listrik pada September 2021 lalu, kali ini motor listrik yang dilaunching semakin memperkuat visi misi ITTelkom Surabaya yakni sebagai perguruan tinggi berstandar internasional yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dengan fokus pada aplikasi di bidang industri maritim, transportasi dan logistik.

Launching dihadiri sejumlah pihak, antara lain Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, Kompol Arif Fazlurrahman, James selaku perwakilan dari PT Mobil Listrik Indonesia, dan Sucipto selaku perwakilan Molindo.

“Pertama kami dari Satlantas Polrestabes Surabaya menghubungi ITTelkom Surabaya dimana kami mendengar bahwa kampus ini berperan aktif dalam mengkonversi kendaraan fosil ke kendaraan listrik. Kami mewakili Pak Kapolri mengucapkan terima kasih untuk konsistensi pengembangan dan riset kendaraan listrik ini. Tentunya kepolisian tidak luput dari distrupsi teknologi dimana kami juga mencoba bergeser ke teknologi sebagai contoh bagaimanan pengantrian di jalan tol sudah menggunakan AI, untuk itulah kami berharap adanya kerjasama lebih jauh dibidang teknologi khususnya pengembangan kendaraan listrik sebagaimana fokus pemerintah saat ini,” ujar Arif Fazlurrahman.

Motor listrik yang dikembangkan dan diresmikan merupakan motor listrik jenis trail yang sesuai dengan kebutuhan di segala medan, khususnya lintasan yang terjal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)