BI: Ekonomi Amerika Serikat Sedang Solid

Selasa, 17 Maret 2015 - 16:44 WIB
BI: Ekonomi Amerika Serikat Sedang Solid
BI: Ekonomi Amerika Serikat Sedang Solid
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Tirta Segara mengatakan, pemulihan ekonomi global masih terus berlangsung. Hal ini terutama ditopang oleh perekonomian Amerika Serikat (AS) yang semakin solid.

Pemulihan ekonomi AS didukung oleh konsumsi yang meningkat seiring turunnya harga minyak dan membaiknya kondisi ketenagakerjaan.

"Konsumsi AS yang membaik tersebut diikuti oleh indikator produksi yang semakin meningkat. Perekonomian AS yang solid semakin menguatkan arah normalisasi kebijakan moneternya, meskipun waktu implementasinya masih diliputi ketidakpastian," ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Selasa (17/3/2015).

Hal ini mendorong penguatan dolar AS terhadap hampir seluruh mata uang dunia serta meningkatkan ketidakpastian di pasar keuangan global.

"Sementara itu, langkah quantitative easing dari Bank Sentral Eropa semakin memperlemah mata uang Euro di samping dapat mengimbangi sebagian dari pengaruh kebijakan the Fed terhadap pergerakan arus modal global ke emerging markets," imbuh dia.

Di sisi lain, perekonomian China diperkirakan terus melambat seiring penurunan investasi. "Sejalan dengan itu, harga komoditas global, termasuk harga minyak, diperkirakan masih berada pada level yang rendah, meskipun terdapat peningkatan dibandingkan level terendahnya pada Januari 2015," tandas Tirta.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7261 seconds (0.1#10.140)