KLH Kota Batu Siapkan 2.000 Bibit Bambu

Selasa, 17 Maret 2015 - 05:04 WIB
KLH Kota Batu Siapkan 2.000 Bibit Bambu
KLH Kota Batu Siapkan 2.000 Bibit Bambu
A A A
BATU - Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Batu menyiapkan 2.000 bibit bambu jenis petung untuk ditanam di dekat sumber mata air. Kelak, diharapkan tanaman bambu bisa menahan erosi dan bisa menyimpan air.

Kepala KLH Kota Batu Hari Santoso menjelaskan, saat ini ada sebanyak 137 titik sumber mata air. Sebanyak 80 persen lokasi sumber mata air ada di dalam kawasan hutan milik Perhutani. Sisanya di luar area Perhutani dan ada juga yang berlokasi dekat perkampungan warga.

"KLH bekerja sama dengan semua pihak untuk menyelamatkan lingkungan terutama sumber mata air. Karena tidak mungkin KLH bisa menjaga seluruh sumber mata air yang tersebar di Kota Batu," ungkap Hari, kemarin.

Menurut Hari, pihaknya melibatkan pengurus Himpunan Pengguna dan Pemakai Air Minum (HIPPAM) serta anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) untuk menyelamatkan lingkungan.

Bibit pohon bambu yang disiapkan KLH, akan diserahkan ke anggota HIPPAM dan LMDH untuk ditanam di dekat sumber mata air.

Sebagai contoh, bibit bambu yang ditanam di dekat sumber mata air Banyuning di Desa Punten. Usia tanaman bambunya baru setahun. Tapi, sekarang ini kondisi tanamannya sudah rimbun. Hari yakin, bila semua daerah di dekat sumber mata air dihijaukan ulang, kelestarian sumber mata airnya terus terjaga.

Selain menyiapkan bibit pohon bambu, KLH Kota Batu juga menyediakan bibit pohon beringin, suren, puring, dan bibit pohon sukun. "Permintaan masyarakat terhadap bibit pohon sangat tinggi. Tapi kami baru bisa menyiapkan 1.000-2.000 batang pohon saja untuk ditanam di dekat sumber mata air dan kawasan yang gersang."

Untuk menyelamatkan sumber mata air, tahun ini Pemkot Batu akan membeli sebidang tanah seluas 4.000 meter persegi di dekat Kali Gondok, Desa Junrejo. Anggaran yang disiapkan pemerintah untuk membeli tanah mencapai Rp800 jutaan.

Menurut Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Batu Eddy Murtono, pembelian lahan dekat Kali Gondok, Desa Junrejo, merupakan usulan dari PDAM Kota Batu.

"Tujuannya untuk menyelamatkan sumber mata airnya. Nanti sumber mata airnya akan dimanfaatkan PDAM Kota Batu untuk pengembangan usaha," pungkas Eddy Murtono.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4529 seconds (0.1#10.140)