Wali Kota Bandung Bagikan Batu Akik ke Peserta KAA

Jum'at, 13 Maret 2015 - 15:15 WIB
Wali Kota Bandung Bagikan Batu Akik ke Peserta KAA
Wali Kota Bandung Bagikan Batu Akik ke Peserta KAA
A A A
BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ini sedang mempersiapkan cinderamata untuk para anggota Konferensi Asia Afrika (KAA). Salah satunya adalah batu akik.

"Iya, nanti ada (cinderamata) batu akik. Satu buat kepala negaranya, satu buat istrinya," kata RK, sapaan akrabnya, di Balai Kota Bandung, Jumat (13/3/2015).

Meski belum menentukan jenis batu apa yang akan diberikan, tapi dia menginginkan batu akiknya berwarna biru yang jadi ciri khas Kota Bandung. "Warnanya kemungkinan biru supaya warna Bandung. Jenisnya apa belum tahu. Pokoknya nyari yang biru," ungkapnya.

Batu akik itu pun rencananya akan berbentuk cincin yang sudah jadi. "Nanti ada tulisannya Bandung. Tapi desainnya masih saya orat-oret (dirancang)," jelasnya RK.

Belum diketahui pengrajin dari mana yang akan memproduksi batu akik itu nantinya. Selain batu akik, nantinya akan ada berbagai souvenir lain yang akan diberikan pada para kepala negara atau peserta yang hadir.

Di antaranya ada batik Bandung, tempat buku, hingga surat khusus dari RK. Cara itu dilakukan agar perhelatan KAA memberi rezeki bagi banyak pihak, salah satunya perajin batu akik.

Sementara untuk anggaran pembelian batu akik dan cinderamata lainnya, menurutnya ada sponsor yang membiayainya. "Iya, ini kan bagi-bagi rezeki. Batiknya ke siapa, batunya ke siapa. Intinya kan kebanggaan 10 tahun sekali," tandas RK
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8336 seconds (0.1#10.140)