Gunung Slamet Keluarkan Suara Dentuman Keras

Jum'at, 13 Maret 2015 - 13:25 WIB
Gunung Slamet Keluarkan Suara Dentuman Keras
Gunung Slamet Keluarkan Suara Dentuman Keras
A A A
PEMALANG - Setelah relatif tenang sejak diturunkan statusnya ke level waspada sejak Senin 5 Januari 2015, Gunung Slamet kembali mengeluarkan suara dentuman keras hari ini.

Suara dentuman keras terdengar jelas oleh warga yang tinggal di lereng gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa itu, di Desa Jurangmangu, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

Kepala Desa Jurangmangu Sugondo mengatakan, suara dentuman terdengar satu kali sekitar pukul 10.30 WIB. "Terdengar keras satu kali. Hanya visual gunung tidak terlihat jelas," kata Sugondo, kepada Sindonews, Jumat (13/3/2015).

Menurut Sugondo, suara dentuman keras tersebut tak biasanya terdengar sejak status Gunung Slamet diturunkan ke level waspada. "Biasanya cukup tenang," terangnya.

Suara dentuman juga didengar warga di Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari, yang berjarak sekitar enam kilometer dari puncak Gunung Slamet.

"Iya, benar Mas. Terdengar suara dentuman dari Gunung Slamet," kata Kepala Desa Clekatakan Sutrisno, dihubungi terpisah.

Seperti diketahui, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sudah menurunkan status Gunung Slamet dari level siaga menjadi waspada sejak Senin 5 Januari 2015, sekitar pukul 16.00 WIB, karena aktivitas vulkaniknya menurun.

Penurunan status dilakukan setelah lima bulan gunung yang berada di perbatasan lima kabupaten itu berstatus siaga.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5541 seconds (0.1#10.140)