Tertibkan Lalu Lintas Sambil Goyang Dumang

Kamis, 12 Maret 2015 - 00:01 WIB
Tertibkan Lalu Lintas Sambil Goyang Dumang
Tertibkan Lalu Lintas Sambil Goyang Dumang
A A A
BANGKALAN - Salah seorang anggota Satlantas Polres Bangkalan, Madura, Jawa Timur, mengatur arus lalu lintas dengan cara yang unik.

Polisi yang satu ini mengingatkan masyarakat agar tertib berlalu-lintas dengan cara goyang dumang.

Selain itu, petugas yang diketahui bernama Bripka Komang ini juga sambil mengalungkan sebuah kertas yang telah dilaminating dengan bertulisakn "R2 Wajib Gunakan Helm SNI dan Nyalakan Lampu".

Perilaku ini dilakukan setiap pagi oleh pria asal Bali tersebut. Gaya petugas ini dilakukan di empat titik, meliputi pertigaan pasar Senenan, pertigaan Junok, pertigaan Tom Jerry, dan traffic light alun-alun Bangkalan.

Dia memulai aksinya dari pukul 06.30 WIB sampai 07.30 WIB atau pada jam sibuk. Ternyata, aksi ini dilakukan atas inisiatif pribadi dalam menyadarkan masyarakat untuk tertib berlalu-lintas di jalan raya.

Aksi ini unik pun membuat masyarakat tertawa. Sebab, sebelumnya tidak pernah ada anggota yang mengingatkan pengguna jalan dengan cara seperti Komang.

"Dalam sosialisasi hanya pakai kode tangan, masyarakat kurang tanggap. Makanya saya sengaja joged goyang dumang," terang Bripka Komang, Rabu (11/5/2015). Komang mengakui cara ini efektif menarik perhatian pengguna kendaraan.

Kapolres Bangkalan AKBP Sulistiyono mengatakan, mengatur arus lalu lintas sambil goyang dumang bukan atas perintahnya. Tetapi, merupakan inisiatif pribadi Bripka Komang.

"Tapi, saya tetap memberi apresiasi karena mengatur lalu lintas tidak harus dengan formal. Kami berharap kesadaran masyarakat akan tertib berlalu lintas semakin tinggi," terang Sulis.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6406 seconds (0.1#10.140)