Sensasi Kuliner Ikan Asap Waduk Kedung Ombo, Aroma Sangitnya Bikin Ketagihan

Sabtu, 17 Desember 2022 - 08:06 WIB
loading...
Sensasi Kuliner Ikan Asap Waduk Kedung Ombo, Aroma Sangitnya Bikin Ketagihan
Kuliner ikan asap di pinggir Waduk Kedung Ombo, Grobogan, Jawa Tengah dengan aroma sangitnya yang bikin ketagihan. Foto/iNews TV/Rustaman Nusantara
A A A
KULINER ikan biasanya disantap dengan digoreng atau dibakar terlebih dahulu. Namun di Grobogan, Jawa Tengah ada sebuah tempat yang menyediakan kuliner ikan yang memasaknya hanya diasapi dengan arang.

Sehingga bau sangit yang muncul dari asap arang yang meresap kedalam daging ikan akan menambah aroma dan rasa ikan asap tersebut menjadi lebih sedap dan nikmat. Aromanya bikin nagih.



Berlokasi di pinggir Waduk Kedung Ombo dengan suasana hutan yang masih asri dan lebat, ratusan pedagang menjajakan kuliner khusus ikan asap. Tempatnya berada di Desa Ngrambat, Kecamatan Geyer, Grobogan.

Ikan asap ddisajikan ke para pengunjung obyek wisata Wonosari Waduk Kedung Ombo. Ratusan pengunjung yang datang sengaja meluangkan waktu untuk bersantai sambil berwisata kuliner dengan menikmati sensasi ikan asap khas Waduk Kedung Ombo.

Proses memasak ikan asap khas waduk kedung ombo ini berbeda dengan memasak pada umumnya baik dengan cara dibakar maupun digoreng. Tetapi ikan-ikan ini cukup diasapi dengan menggunakan arang.

Ikan yang akan di asapi ini harus menggunakan bahan ikan segar yang baru saja diambil dari keramba di peternakan ikan Waduk Kedung Ombo. Sehingga rasa daging ikan yang dimakan akan menjadi lebih empuk dan nikmat.



Seperti di lapak ikan asap Mbak Ceplik yang dalam sehari selalu menyediakan lebih dari 30 puluh kilogram ikan segar dan ikan segar tersebut selalu habis dalam sehari.

"Sebelum diasapi, ikan-ikan segar ini terlebih dahulu dilumuri bumbu rempah-rempah yang sudah dipersiapkan dari rumah. Untuk mempermudah proses pengasapan, ikan-ikan segar ini dijepit dengan menggunakan potongan bambu yang sudah di perkecil ukurannya," kata Mbak Ceplik, Sabtu (17/12/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)