Warga Parepare Simpan 1 Peti Amunisi Aktif

Sabtu, 28 Februari 2015 - 22:55 WIB
Warga Parepare Simpan 1 Peti Amunisi Aktif
Warga Parepare Simpan 1 Peti Amunisi Aktif
A A A
PAREPARE - Koramil 1405-03 Kodim 1405 Mallusetasi Kota Parepare, berhasil mengamankan ratusan amunisi yang diduga masih aktif dari seorang warga bernama Sattung (35), asal Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang.

Hal itu dikemukakan Dandim 1405 Mallusetasi Letkol Inf Sahat Monang Saragi. Penemuan amunisi itu, katanya bermula saat warga yang diketahui bernama Sattung dan beberapa rekannya mengerjakan rehab rumah seorang warga.

"Sebenarnya amunisi itu ditemukan sejak 1 Februari oleh warga yang bernama Laware, di RT 1/5, Lampanging, Kelurahan Wattang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki. Ditemukan dalam peti," katanya, kepada wartawan, Sabtu (28/2/2015).

Ditambahkan dia, sebagian amunisi itu sempat dibawa pulang oleh Sattung, dan disimpan di rumahnya. "Namun karena khawatir akan meletus, akhirnya temuan amunisi itu dilaporkan kepihak Koramil setempat," bebernya.

Dari tangan Sattung, diamankan 25 amunisi masing-masing amunisi SP sebanyak 10 butir kaliber 7,62 milimeter, dan amunisi pistol sebanyak 15 butir berkaliner 9 milimeter.

"Dari informasi Sattung tersebut, anggota kami mengamankan amunisi lainnya yang masih terdapat di rumah Laware," katanya.

Dari rumah anak mantan veteran RI tersebut, ditemukan ratusan amunisi lainnya. Di antaranya SP jenis AK sebanyak 120 butir, SP jenis SP1 sebanyak 18 butir, SP jenis Getmi sebanyak 15 butir, dan SP pistol sebanyak 44 butir.

"Seluruh amunisi yang berjumlah 197 butir tersebut telah kami amankan sementara di Koramil 1405/Mallusetasi," jelasnya.

Sementara Sattung mengatakan, saat melihat tumpukan amunisi di rumah warga yang direhabnya, niatnya hanya untuk disimpan buat koleksi.

"Hanya sedikit yang saya ambil. Sempat saya bawa pulang ke rumah kontrakan. Tapi tiba-tiba saya ketakutan sendiri. Takutnya meledak. Makanya saya lapor ke Danramil setempat," jelasnya.

Terpisah, Laware, pemilik rumah tempat ditemukannya ratusan amunisi lainnya mengaku, jika amunisi-amunisi tersebut lama dibiarkan tersimpan dalam peti.

"Itu punya almarhum bapak saya yang mantan veteran. Saya biarkan saja. Saya tidak pernah pikir, kalau itu aktif atau berbahaya. Makanya saya biarkan saja," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4775 seconds (0.1#10.140)