BEI Kaji Pembentukan Pasar Katalis

Jum'at, 27 Februari 2015 - 06:35 WIB
BEI Kaji Pembentukan Pasar Katalis
BEI Kaji Pembentukan Pasar Katalis
A A A
JAKARTA - Direktur Penilaian PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Hoesen mengatakan, pihaknya sedang mengkaji pembentukan pasar katalis untuk menampung perusahaan yang membutuhkan pembiayaan dan investor secara spesifik. Di beberapa negera, seperti Kanada, Australia, sudah menampung perusahaan tambang yang sedang dalam tahap eksplorasi.

"Wacana tersebut juga berdasarkan saran dari pelaku pertambangan di Tanah Air, di mana aturan yang ada saat ini, yakni Nomor I--A.1 hanya mengizinkan perusahaan tambang yang telah melakukan eksplorasi," ujar Hoesen di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Dia menerangkan, pelaku tambang saat eksplorasi justru membutuhkan dana besar. Hal ini mengacu terhadap bursa saham di beberapa negara, pada sektor pertambangan yang telah berlangsung lama.

"Di samping terdapat papan pengembangan bursa pada umumnya, juga terdapat papan bursa katalis. Memang ada negara yang pasar katalisnya berada di bursa efek, namun ada juga yang memisahkan,“ jelasnya.

Dia menuturkan di dalam pasar katalis tidak hanya berisikan perusahaan tambang pada tahapan eksplorasi. Tapi, juga berisikan perusahaan bergerak di energi baru, serta terbarukan, dan perusahaan farmasi.

"Misalnya, ada perusahaan farmasi yang yakin memiiki resep obat aids. Namun, masih butuh dana penelitian. Bisa mencari dana di pasar katalis tersebut,” tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5662 seconds (0.1#10.140)