10 Daerah Jadi Percontohan Kesehatan Ibu dan Bayi

Rabu, 25 Februari 2015 - 05:28 WIB
10 Daerah Jadi Percontohan Kesehatan Ibu dan Bayi
10 Daerah Jadi Percontohan Kesehatan Ibu dan Bayi
A A A
BANDUNG - Untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi (AKI) di Jabar, Dinas Kesehatan Jawa Barat menunjuk 10 kabupaten untuk dijadikan pilot project.

Ke-10 kabupaten itu adalah Kabupaten Bogor, Cirebon, Tasikmalaya, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Majalengka, Garut, serta Kabupaten Bandung.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Kesahatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Jawa Barat, Indina Istiyantari kepada wartawan usai menjadi pembicara pada acara "Collaborative Learning : Upaya Gawat Darurat Penyelematan Ibu dan Bayi Baru Lahir" di Hotel Haris, Jalan Peta, Bandung, Selasa (24/2/2015)

"Tahun ini, kami fokus di 10 kabupaten tersebut. Penunjukan 10 kabupaten yang menjadi fokus untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi karena di daerah tersebut angka kematiannya cukup tinggi," ungkap Indiana

Kasus kematian ibu karena melahirkan pada tahun 2013 sebanyak 781 kasus, sementara tahun 2014 menurun dengan jumlah 747 kasus. Sedangkan kematin bayi baru melahirkan tahun 2013 mencapai 4.306 kasus dan di tahun 2014 sebanyak 3.810 kasus.

Rata-rata penyebab kematian ibu karena pendarahan saat melahirkan dan hipertensi saat hamil. Sementara, penyebab kematian bayi dikarenakan ganguan pernapasan, kurang gizi dari ibunya saat hamil, dan faktor lingkungan. "Seperti, si ibu banyak mengisap asap rokok," jelasnya.

Diakuinya kasus kematian ibu dan bayi di Jabar jika dilihat secara kuantitas kasus memang banyak. Sebab penduduk Jabar hampir 46 juta jiwa. Sementara, jika dilihat dari presentasi jumlahnya relatif stabil. Terlebih dalam setiap tahun, jumlah kasusnya terus menurun.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bandung, Dadang Naser mendapat penghargaan dari KIBLA. KIBLA merupakan forum masyarakat peduli kesehatan bayi baru lahir dan balita yang terdiri dari 25 organisasi.

Pemberian penghargaan terkait komitmen Kabupaten Bandung untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. "Kita memang sangat konsen untuk menurunkan kasus kematin ibu dan bayi," kata Dadang.

Hal ini terlihat dari anggaran kesehatan yang dikucurkan Pemkab Bandung tahun 2014 sebesar 17,9 %, padahal tahun sebelumnya hanya 14% lebih. Di samping itu, jumlah puskesmas di Kabupaten Bandung sebanyak 62 puskesmas. "Jika dirata-ratakan setiap kecamatan memiliki 2 puskesmas."
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.2133 seconds (0.1#10.140)