Jembatan Penghubung Dua Kecamatan di Kendal Putus

Minggu, 15 Februari 2015 - 22:31 WIB
Jembatan Penghubung Dua Kecamatan di Kendal Putus
Jembatan Penghubung Dua Kecamatan di Kendal Putus
A A A
KENDAL - Dua jembatan yang menghubungkan warga Kecamatan Brangsong-Ngampel, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, putus. Hal tersebut diakibatkan arus deras dan luapan air Sungai Blorong setelah hujan deras mengguyur di wilayah Kabupaten Kendal beberapa hari terakhir.

Dua jembatan yang rusak dan putus ada di Desa Kertomulyo dan Desa Tunggulsari Kecamatan Brangsong. Jembatan tersebut memang tidak kuat menahan hantaman arus air lantaran terbuat dari bambu.

Kondisi tersebut membuat aktivitas warga di dua kecamatan terkendala. Sebab, warga yang hendak melintas terpaksa harus memutar melalui Kecamatan Kendal yang jaraknya lebih dari tujuh kilometer.

Derasnya arus Sungai Blorong tidak hanya mengakibatkan dua jembatan terputus, namun juga sejumlah tanggul terkikis dan longsor. Padahal, jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses warga Ngampel untuk menuju Brangsong dan Kaliwungu.

"Alternatifnya yang memutar lewat Kendal, tapi kondisi jalan rusak parah karena banyak lubang yang digenangi air dan lumpur," kata Kamidi, warga setempat, Minggu (15/2/2015).

Biasanya, warga yang berseberangan sungai hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit saat akses jembatan masih dalam kondisi baik. Namun, kini warga terpaksa harus memutar dan menempuh perjalanan hingga 20 kilometer dengan jarak tempuh hampir dua jam karena akses jalan juga rusak parah.

"Warga banyak yang belum tahu kalau jembatan sini putus. Jadi, saat mau melintas terpaksa harus putar balik, karena setelah sampai ternyata jembatan putus," paparnya.

Dia menambahkan, awalnya jembatan penghubung di sepanjang Sungai Blorong ada empat. Namun, setelah diterjang arus, dua rusak parah dan dua lainnya memprihatinkan.

"Yang dua lagi tetap mengkhawatirkan kalau dipaksa dilalui. Jadi, warga memilih memutar cari jalan lain."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6346 seconds (0.1#10.140)