Alex Komang Berencana Buat Film Benturan NU-PKI

Sabtu, 14 Februari 2015 - 14:40 WIB
Alex Komang Berencana Buat Film Benturan NU-PKI
Alex Komang Berencana Buat Film Benturan NU-PKI
A A A
JEPARA - Sineas kawakan Alex Komang, ternyata berencana membuat film semi dokumenter tentang benturan NU-PKI di Indonesia. Film bergenre indie ini, rencananya mulai digarap Maret 2015 ini.

Ketua Pengurus Pusat Lembaga Seni Budaya Muslim Indinesia (Lesbumi) PBNU Ngatawi Al Zastrouw mengatakan, ada dua film semi dokumenter soal benturan NU-PKI yang mau dibuat Alex Komang.

Masing-masing yakni berjudul Bughot dan Rujuk. Dalam film tersebut Alex Komang menjadi eksekutif produser, dan sekaligus pengarah utama.

"Tapi sayangnya, Mas Alex Komang sudah lebih dulu berpulang ke Rahmatullah. Nanti kita pikirkan lagi kelanjutan film itu," kata Al Zastrouw, jelang pemberangkatan jenazah Alex Komang, dari rumah duka menuju pemakaman di Desa Pecangaan, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (14/2/2015).

Ide pembuatan dua film tersebut bermula dari aktivitas Alex Komang di PP Lesbumi PBNU. Di lembaga tersebut, Alex Komang didapuk menjadi Wakil Ketua PP Lesbumi.

Lewat film tersebut, Alex Komang ingin menunjukkan sejarah yang lebih fair soal benturan NU-PKI, mulai kurun waktu awal kemerdekaan hingga meletusnya peristiwa G-30/S-PKI. Tak hanya itu, pesan moral film itu juga sekaligus untuk merintis munculnya rekonsiliasi antara NU-PKI.

"Salah satu fase sejarah hitam negara ini harus diclearkan. Dan lebih penting lagi, bagaimana luka itu bisa ditutup dengan rekonsiliasi itu," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7470 seconds (0.1#10.140)