Sebulan, Penderita DBD di Kabupaten Subang 200 Orang

Sabtu, 31 Januari 2015 - 15:22 WIB
Sebulan, Penderita DBD di Kabupaten Subang 200 Orang
Sebulan, Penderita DBD di Kabupaten Subang 200 Orang
A A A
SUBANG - Jumlah warga Kabupaten Subang yang menderita penyakit demam berdarah dengue (DBD) terus meningkat. Tak tanggung-tanggung, hanya dalam waktu sebulan, jumlah penderita DBD ini menembus 200 orang.

"Selama Januari saja, nggak kurang dari 200 orang yang terjangkit DBD dan sempat dirawat di RSUD. Peningkatan jumlah pasien DBD ini mulai terlihat sejak awal Januari lalu," beber Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medis RSUD Subang Dwinan Marchiawaty kepada KORAN SINDO, Sabtu (31/1/2015).

Setiap hari, kata dia, jumlah pasien DBD yang masuk rumah sakit terus menunjukkan peningkatan signifikan. Saat ini saja, pasien DBD yang mendapat perawatan medis dari pihak rumah sakit mencapai 42 orang.

Jumlah pasien sebanyak ini, sebut Dwinan, meningkat signifikan dibandingkan hari sebelumnya yang mencapai 30 orang. Kebanyakan penderita DBD didominasi anak-anak berusia rata-rata di bawah 10 tahun.

"Kami mencatat, dari 42 pasien DBD yang hari ini dirawat di RSUD, sebanyak 35 di antaranya merupakan anak-anak. Rata-rata usia mereka di bawah 10 tahunan," paparnya.

Meski pasien DBD terus meningkat jumlahnya setiap hari, Pemkab Subang menilai belum perlu menetapkan status kejadian luar biasa atau KLB untuk penyakit yang ditularkan nyamuk Aedes Aegypti ini. Sebab, kondisinya masih belum darurat.

"Status KLB belum ada, sebab memang belum ada korban jiwa. Lagi pula kondisinya masih bisa kami tanggulangi dan kami sudah koordinasi dengan instansi terkait untuk terus mengupayakan pemberantasan sarang nyamuk melalui pengasapan atau fogging di beberapa titik rawan," tutur Dwinan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6013 seconds (0.1#10.140)