Minat Baca di Jabar Masih Rendah

Sabtu, 31 Januari 2015 - 00:09 WIB
Minat Baca di Jabar Masih Rendah
Minat Baca di Jabar Masih Rendah
A A A
BANDUNG - Minat baca di sebagian wilayah Jawa Barat (Jabar) dinilai rendah. Hal ini terlihat dari sedikitnya kegiatan seperti pameran buku di kabupaten/kota di Jabar.

Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jabar Anwaruddin mengatakan, pihaknya sering mengajukan diri untuk membuat pameran buku di beberapa kabupaten/kota di Jabar, tapi ditanggapi dingin oleh pemerintah setempat.

“Paling juga di Bandung yang pemerintahnya merespon positif, makanya tidak heran kalau di Bandung minat bacanya tinggi,” ungkapnya, usai membuka acara Pesta Buku Bandung 2015, di Gedung Landmark, Jalan Braga, Jumat (30/1/2015).

Hingga kini, pihaknya tidak mengetahui penyebab pasti kenapa pemerintah di kabupaten/kota lain tidak merespon adanya kegiatan pameran buku. Padahal menurutnya, pameran seperti itu bisa merangsang minat baca masyarakat jika dikonsep dengan menarik.

Dia menyebut, dengan jumlah 206 penerbit di Jabar, hampir 70% berada di kota Bandung. tapi menurutnya, distribusi penerbit-penerbit ini pun sudah mencapai kabupaten/kota lain, tidak berkutat di Bandung saja.

Untuk itu, pihaknya mengimbau, agar kegiatan serupa pameran buku bisa digencarkan lagi di berbagai daerah, tidak hanya di pusat kota saja. Pameran buku adalah salah satu upaya IKAPI dalam menumbuhkan kegiatan membaca dan menjadi saran edukatif.

"Apalagi saat ini, bagi beberapa daerah, toko buku masih bisa dikatakan jarang. Untuk itu, pameran buku seperti ini penting, karena minat baca di Bandung tinggi, kegiatan serupa diadakan sebanyak tiga tahun sekali,” paparnya.

Meski demikian, pihaknya terus berusaha menjalin kerjasama dengan pihak lain di berbagai daerah, meskipun tidak dengan pemda setempat.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.9018 seconds (0.1#10.140)