KNKT: Sejak Awal AirAsia QZ8501 Diterbangkan Kopilot

Kamis, 29 Januari 2015 - 14:14 WIB
KNKT: Sejak Awal AirAsia QZ8501 Diterbangkan Kopilot
KNKT: Sejak Awal AirAsia QZ8501 Diterbangkan Kopilot
A A A
JAKARTA - Tim Investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyampaikan laporan faktual terkait kecelakaan AirAsia QZ8501. Salah satu yang terungkap dalam laporan itu adalah sejak awal pesawat nahas tersebut diterbangkan oleh Kopilot Remi Emmanuel Plesel.

"Kopilot yang biasanya duduk di sebelah kanan, saat itu dialah yang menerbangkan pesawat," kata Ketua Tim Investigasi AirAsia QZ8501 Mardjono Siswosuwarno di Kantor KNKT, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Mardjono menjelaskan, saat itu Kapten Pilot Iriyanto berada di sebelah kiri kokpit. Kapten Iriyanto bertindak sebagai orang yang memonitor penerbangan itu.

Menurut Mardjono, hal seperti itu memang tidak dilarang dalam aturan penerbangan. Karena itu, tidak ada yang aneh dengan kondisi itu.

"Tidak kenapa-kenapa karena itu dibolehkan undang-undang," jelas dia.

Sementara itu, anggota tim investigasi Ertata Lananggalih mengatakan, pesawat diterbangkan oleh kopilot diketahui melalui percakapan yang terekam dalam Cockpit Voice Recorder (CVR).

"Dalam rekaman terdengar kapten pilot sebagai monitoring dan yang berkomunikasi dengan ATC. Iya sejak awal diterbangkan oleh kopilot," tutup Ertata.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3797 seconds (0.1#10.140)