Penambang Pasir di Klaten Tewas Tertimpa Reruntuhan Tebing

Rabu, 28 Januari 2015 - 17:17 WIB
Penambang Pasir di Klaten Tewas Tertimpa Reruntuhan Tebing
Penambang Pasir di Klaten Tewas Tertimpa Reruntuhan Tebing
A A A
SOLO - Suwarman, seorang penambang pasir, tewas tertimpa tebing saat menambang pasir di alur Kali Woro, Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten, Rabu pagi.

Seorang saksi Karyono mata menyebutkan, kejadian itu berlangsung Rabu (28/1/2015) sekitar pukul 08.00 WIB. Saat itu, seperti biasa korban yang juga warga Dusun Modinan, Desa Kanoman Karangnongko, Klaten, mulai melakukan penambangan di cekdam yang berada di Desa Sidorejo. Saat itu korban menambang pada bagian tebing yang cukup curam.

Belum lama korban melakukan penambangan, tiba-tiba terdengar suara gemuruh yang cukup kencang disertai longsoran pada tebing yang ditambang korban. Beberapa penambang langsung berusaha menyelamatkan diri.

Namun nahas, usaha korban kurang cepat sehingga tebing yang ada di atasnya tersebut langsung menimpa tubuh korban hingga tewas seketika.

"Tadi kejadiannya cukup cepat, begitu ada suara gemuruh tebing langsung longsor dan menimpa korban," ucapnya.

Ia menambahkan, setelah mengetahui ada yang tertimbun longsor, penambang yang dibantu oleh relawan lereng Merapi langsung melakukan evakuasi. Evakuasi itu tidak berjalan mulus dan memakan waktu yang cukup lama. Hal itu disebabkan banyaknya material longsor yang menimpa tubuh korban.

Menurutnya, tubuh korban baru ditemukan setelah warga dan relawan melakukan evakuasi sekitar dua jam. Korban langsung dibawa ke rumah duka untuk selanjutnya dimakamkan oleh pihak keluarga.

"Setelah adanya kejadian itu, aktivitas penambangan libur sementara. Para penambang kembali ke rumah dan sebagian melayat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten Sri Winoto mengimbau para penambang untuk lebih berhati-hati. Menurutnya, kondisi alur Kali Woro itu memang cukup rawan longsor.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4632 seconds (0.1#10.140)