Air Bah Hantam Pesisir Selatan Sumbar

Jum'at, 23 Januari 2015 - 23:02 WIB
Air Bah Hantam Pesisir Selatan Sumbar
Air Bah Hantam Pesisir Selatan Sumbar
A A A
PADANG - Hujan lebat yang mengguyur daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Jumat sore tadi membuat Sungai Salido, Sungai Painan, Sungai Jalamu meluap.

Air bah menghantam ratusan rumah warga di daerah Salido dan Bungo Pasang Kecamatan IV Jurai serta Painan Selatan pada pukul 17.00 WIB.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat Pagar Negara, di daerah Salido ini ada sebanyak 30 rumah terkena banjir dan 57 kepala keluarga diungsikan.

Di daerah Bungo Pasang ada sebanyak 190 rumah tergenang dan 194 kepala keluarga mengungsi. Sedangkan di daerah Painan Selatan ada sebanyak 130 kepala keluarga mengungsi, 65 rumah terendam.

"Ada lima rumah hanyut terseret banjir, dua unit di Salido dan tiga unit di Bungo Pasang. Banjir kali ini tergolong besar, kedalamannya mencapai dua meter," katanya, Jumat (23/1/2015).

BPBD Sumatera Barat sudah melakukan koordinasi dengan BPBD Pesisir Selatan. Laporan dari pihak kabupaten, bencana banjir itu masih bisa diatasi pihak kabupaten.

"Tadi sudah kita hubungi, pihaknya sudah menyediakan logistik untuk korban, serta melakukan evakuasi ke tempat yang tinggi. Saat ini kita pantau terus. Kalau BPBD Pesisir Selatan membutuhkan bantuan, besok pagi kita akan turunkan bantuan," ujarnya.

Mengenai korban jiwa, sampai malam ini belum ada laporan. Langkah yang dilakukan BPBD Pesisir Selatan baru mengevakuasi para warga serta menyediakan logistik kepada masyarakat korban banjir.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8414 seconds (0.1#10.140)