Pengamat Duga AirAsia Hilang di Perairan Kalimantan Barat

Senin, 29 Desember 2014 - 17:09 WIB
Pengamat Duga AirAsia Hilang di Perairan Kalimantan Barat
Pengamat Duga AirAsia Hilang di Perairan Kalimantan Barat
A A A
KALIMANTAN - Pengamat Transportasi Penerbangan Kalimantan Barat Syarif Usmulyani menduga, pesawat AirAsia Airbus A320-200 nomor PK-AXC setelah lepas landas dari Surabaya menuju Singapura, hilang di perairan Kalimantan Barat.

"Kalaupun pesawat itu jatuh, kemungkinan besar jatuh diperairan Kalimantan Barat, meski beberapa sumber memperkirakan pesawat tersebut jatuh di perairan Belitung Timur," katanya, kepada wartawan, Senin (29/12/2014).

Namun begitu, pihaknya masih belum berani memastikan apakah pesawat itu jatuh atau tidak. Tetapi jika merujuk pada kontak pilot sebelum pesawat itu hilang memang berada di Belitung Timur.

"Tapi menurut saya, pesawat itu jatuh di perairan Kalbar, dekat Kepulauan Maya yang tidak jauh dari Ketapang, Kalbar. Kemungkinan besar, pesawat itu mengalami kendala penerbangan akibat faktor cuaca, kemudian mencari daratan terdekat, dan bisa saja jatuh di dekat Pulau Maya, kabupaten Ketapang," tegas Usmulyani.

Dia melanjutkan, setelah pesawat tersebut memberikan informasi terakhir akan menaikkan ketinggian pesawat, delapan menit kemudian pesawat tersebut hilang kontak.

"Kalau dilihat dari arah penerbangannya dari mulai kontak terakhir, kemungkinan pilot berusaha mendaratkan pesawat itu ke Bandara Supadio, karena bandara itu terdekat dari kontak terakhir," jelasnya.

Sedangkan lokasi terdekat untuk mendarat berada di Ketapang. "Itu prediksi saya, karena sampai sekarang semua pihak juga sedang melakukan pencarian untuk memastikan lokasi jatuhnya pesawat itu," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9237 seconds (0.1#10.140)