Malam Ini, Tenggarong Gelar Kamiskat Day

Sabtu, 27 Desember 2014 - 15:29 WIB
Malam Ini, Tenggarong Gelar Kamiskat Day
Malam Ini, Tenggarong Gelar Kamiskat Day
A A A
TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menyelenggarakan acara Kamiskat Day pada Sabtu (27/12/2014) malam. Acara ini diselenggarakan dalam rangka melestarikan pakaian adat Kutai. Miskat merupakan pakaian adat yang biasa dipakai oleh Kesultanan Kutai dalam berbagai acara.

Tradisi ini kemudian diteruskan oleh Pemkab Kutai Kartanegara yakni memakai Miskat setiap hari Kamis sehingga sering disebut Kamiskat Day. Untuk terus memperkenalkan pakaian adat ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kutai Kartanegara lalu menggelar acara tahunan yakni Kamiskat Day.

Lokasi kegiatan di pusatkan di Kedaton Kesultanan Kutai di Tenggarong. Jika tahun lalu acara ini dilaksanakan dengan menggunakan cat walk di depan kedaton, tahun ini acara dilaksanakan di jalan raya di depan Kedaton.

Karena menggunakan jalanan sebagai ajang pameran pakaian, maka acara ini dinamakan Fashion Show Kamiskat Day Ulap Doyo on The Street 2014. Ada beragam kategori yang ditampilkan. Ada pakaian pesta yang menampilkan pakaian Miskat untuk pengantin. Adapula kategori Miskat kantor untuk staf, juga membuka kategori Miskat pesta yang pesertanya khusus bagi para kepala SKPD, pimpinan Perbankan, Dirut Perusahaan Daerah, pimpinan perusahaan swasta, para camat, serta para kabag di jajaran Pemkab Kutai Kartanegara.

Juga ada kategori Miskat Pesta untuk umum baik laki-laki maupun perempuan yang berusia mulai 16 tahun.

“Kategori umum Ini untuk memberikan kesempatan luas untuk masyarakat yang ingin mengikuti fashion show Miskat dengan tema Ulap Doyo ini,” ujar ketua panitia pelaksana lomba tersebut, Chintya Miga Agustine, Sabtu (27/12/2014).

Dia mengatakan, Kamiskat Day tahun ini secara khusus mengangkat tema kain tenun Ulap Doyo. “Jadi tahun ini Miskat yang ditampilkan harus ada unsur Ulap Doyo, sebagai wujud kecintaan terhadap kekayaan kearifan lokal kita,” ujarnya.

Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari menyambut baik gelaran Kamiskat Day ini. Dia bahkan berencana membagikan koleksi Miskat miliknya kepada masyarakat umum.

“Miskat yang saya punya ini, siap dibagikan di acara Kamiskat Day,” kata Rita seraya menunjukkan koleksi Miskat miliknya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5285 seconds (0.1#10.140)