Pemugaran Gedung Sarekat Islam Rampung

Kamis, 25 Desember 2014 - 04:07 WIB
Pemugaran Gedung Sarekat Islam Rampung
Pemugaran Gedung Sarekat Islam Rampung
A A A
SEMARANG - Proses pemugaran Gedung Sarekat Islam (SI) di Jalan Gendong Selatan 114 Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, telah selesai. Gedung yang mulai dipugar kembali pada September lalu dengan anggaran senilai Rp657 juta akan kembali difungsikan untuk kepentingan masyarakat.

Pantauan KORAN SINDO, gedung yang diperkirakan dibangun pada tahun 1919 tersebut tampak lebih bersih dan indah. Bagian atap yang sebelum dipugar sempat ambrol, kini terlihat kokoh dihiasi genting baru berwarna merah.

Selain itu, gedung juga tampak lebih bersih dan indah dengan kombinasi warna cat dinding putih dan cat kayu abu-abu. Bagian sekeliling gedung juga bersih dari rerumputan liar.

"Pengerjaan pemugaran telah selesai 100 persen, ini tinggal menunggu proses selanjutnya," kata Ketua Tim Pemugaran Gedung Sarekat Islam dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah Wahyu Widayat, kemarin.

Wahyu menambahkan, saat ini kondisi Gedung Sarekat Islam sudah kembali ke bentuk semula. Pihaknya telah melakukan berbagai perubahan seperti pada lantai dan tiang bagian depan gedung serta melakukan berbagai perbaikan yang diperlukan.

"Kalau secara keseluruhan, kondisi gedung ini masih asli seperti semula. Bahkan, beberapa bagian yang telah diubah telah kami kembalikan seperti semula. Acuan kami adalah dokumentasi dari Gedung SI masa lalu yang berhasil kami temukan," pungkasnya.

Kepala BPCB Jateng Sri Ediningsih mengatakan, setelah gedung selesai dipugar pihaknya segera melakukan serah terima. Serah terima rencananya dilakukan awal tahun 2015.

"Karena menjelang akhir tahun ini pekerjaan sedang menumpuk, maka serah terima Gedung SI ke pengelola wakaf baru bisa dilakukan pada awal Januari 2015," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2218 seconds (0.1#10.140)