Pembentukan Kodam di Papua Barat Tidak Terkait OPM

Selasa, 23 Desember 2014 - 01:08 WIB
Pembentukan Kodam di Papua Barat Tidak Terkait OPM
Pembentukan Kodam di Papua Barat Tidak Terkait OPM
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menyatakan, pembentukan Komando Daerah Militer (Kodam) baru di wilayah Manokwari, Papua Barat tidak terkait organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Papua masih berstatus tertib sipil sehingga kehadiran TNI di situ lebih banyak untuk membantu menangani persoalan yang dilakukan Kepolisian khususnya yang berkaitan dengan persoalan pidana. Jadi TNI tidak melakukan pengamanan wilayah, tetapi melakukan pengamanan perbatasan negara ya," kata Moeldoko di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/12/2014).

Moeldoko mengatakan, meski pihaknya tengah membangun Kodam baru di wilayah Papua, bukan berarti fungsi kerja TNI akan berubah.

Menurutnya, TNI tidak akan menangani pengamanan wilayah sebagaimana tugas yang diemban oleh Polisi. Terkait pengamanan wilayah, TNI sendiri lebih menitikberatkan membantu kepolisian.

"Untuk pengamanan wilayah kesatuan kita lebih dititikberatkan untuk membantu Kepolisian dalam menegakkan ketertiban di sana. Jadi TNI tidak punya ruang secara khusus untuk menangani OPM," tandas Moeldoko.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4680 seconds (0.1#10.140)