Longsor Terjang Kecamatan Girimulyo

Senin, 22 Desember 2014 - 06:37 WIB
Longsor Terjang Kecamatan Girimulyo
Longsor Terjang Kecamatan Girimulyo
A A A
KULON PROGO - Kawasan Perbukitan Menoreh Kulon Progo kembali longsor. Hujan deras telah menyebabkan longsoran di lima lokasi, di Kecamatan Girimulyo. Tidak ada korban jiwa, namun dua rumah warga terkena material longsoran.

Lima titik longsor itu terjadi di Pedukuhan Tileng, Desa Pendoworejo, Pedukuhan Karanggede, Pedukuhan Sokomoyo, Desa Jatimulyo, Pedukuhan Kedungtawang Desa Purwosari, dan Pedukuhan Ngesong Desa Giripurwo.

Di Tileng, longsoran sempat mengenai rumah Legiman yang menyebabkan tembok rumahnya jebol. Material tanah juga masuk ke dalam dapur, dan ditaksir kerugian mencapai Rp5 juta. Sedangkan Karanggede menutup akses Jalan Kabupate.

“Hujan itu menyebabkan tebing ambrol dan menutup saluran air. Air yang tersumbat inilah yang menyebabkan longsor susulan dan mengenai rumah,” jelas Legiman, kepada wartawan, Minggu (21/12/2014).

Musibah inipun langsung direspon oleh BPBD bersama dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang langsung melakukan gotong royong. Mereka juga menyalurkan bantuan logistik untuk membantu korban dalam memenuhi makan.

“Logistik berupa makanan siap saji dari BPBD kami utamakan untuk penanganan emergensi yang mengenai rumah penduduk, karena perlu banyak tenaga untuk pembersihan,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulonprogo Suhardiyana.

BPBD minta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya selama musim penghujan. Sesuai prediksi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), musim hujan masih akan berlangsung cukup lama dengan puncak pada akhir Desember hingga Januari.

“Selain logsor di atas, warga di selatan juga waspadai banjir,” jelasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5156 seconds (0.1#10.140)