Proses Evakuasi Resmi Dihentikan, Keluarga Korban Ikhlas

Minggu, 21 Desember 2014 - 19:32 WIB
Proses Evakuasi Resmi Dihentikan, Keluarga Korban Ikhlas
Proses Evakuasi Resmi Dihentikan, Keluarga Korban Ikhlas
A A A
BANJARNEGARA - Proses evakuasi korban bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, resmi dihentikan siang tadi.

"Evakuasi sudah resmi dihentikan hari ini (Minggu)," kata Dandim 0704 Banjarnegara, Letkol Inf Edi Rohmatullah, Minggu (21/12/2014).

Penghentian itu sudah berdasar berbagai pertimbangan dan kesepakatan dengan berbagai pihak termasuk keluarga korban. Selain itu juga pertimbangan kesehatan.

"Keluarga korban juga sudah ikhlas. Masyarakat juga sudah menyadari tim SAR gabungan dan relawan sudah kerja dengan maksimal, selain itu juga geografi pegunungan dengan kedalaman tanah sekitar 8-10 meter serta cuaca yang kurang bersahabat," paparnya.

Dijelaskan hampir seluruh pasukan sudah ditarik dari lokasi kejadian. Saat ini hanya tersisa pasukan dari Kopassus, Kodim 0704 Banjarnegara dan Polres Banjarnegara.

"TNI baik dari Kostrad, Marinir maupun Zipur sudah ditarik. Brimob dari Pekalongan juga sudah ditarik. Tinggal Kopasus, Kodim dan Polres yang masih membantu di sini. Relawan juga sudah berangsur pulang sejak kemarin (Sabtu 20 Desember)," jelasnya.

Namun, status tanggap darurat masih diberlakukan pada Kecamatan Karangkobar tersebut, selama dua minggu kedepan. "Kedepan yang nangani Pemda. Kodim dan Polres sifatnya hanya membantu," paparnya.

Dia menambahkan, posko-posko pengungsian masih ada. Namun dapur umum sudah tidak ada. "Sebab warga sudah mulai masak sendiri-sendiri," tambahnya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.9001 seconds (0.1#10.140)