40 Alat Pendeksi Longsor akan Dipasang di Daerah Rawan

Sabtu, 20 Desember 2014 - 08:01 WIB
40 Alat Pendeksi Longsor akan Dipasang di Daerah Rawan
40 Alat Pendeksi Longsor akan Dipasang di Daerah Rawan
A A A
BANJARNEGARA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut dalam waktu dekat 40 alat pendeteksi peringatan longsor segera dipasang di berbagai daerah rawan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pada dua minggu mendatang akan dipasang 20 unit peralatan peringatan dini longsor, yakni 10 unit dari Badan Geologi dan 10 unit dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Pemasangan diprioritaskan di Jawa Tengah dan Jawa Barat," katanya melalui rilis yang diterima Sindonews.com, Jumat (19/12/2014).

Selanjutnya pada Januari 2015 akan disiapkan 20 unit peralatan tambahan dari UGM. Alat ini akan dipasang di daerah rawan bencana longsor lain di Indonesia.

BPPT dan LIPI juga akan memproduksi peralatan untuk dipasangkan pada tahun 2015 di daerah rawan longsor yang prioritas.

Sistem peringatan dini yang terpasang terdiri beberapa subsistem. Masing-masing, survei geologi, kelembagaan dan sosial ekonomi budaya, pembentukan Tim Siaga Bencana di tingkat Desa/Dusun, penyusunan prosedur evakuasi.

“Juga pembuatan peta evakuasi bersama petugas terpilih, instalasi alat peringatan dini bersama masyarakat, gladi evakuasi, dan membangun komitmen Pemda dan masyarakat dalam pengoperasian dan pemeliharaan sistem,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3257 seconds (0.1#10.140)