Angin Ribut Rusak Puluhan Rumah di Karanganyar

Kamis, 18 Desember 2014 - 21:33 WIB
Angin Ribut Rusak Puluhan Rumah di Karanganyar
Angin Ribut Rusak Puluhan Rumah di Karanganyar
A A A
KARANGANYAR - Bencana angin ribut menghantam wilayah Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis petang. Puluhan rumah dilaporkan rusak akibat terjangan angin dan tertimpa pohon tumbang.

Akses jalan penghubung antara Kecamatan Jaten, Tasikmadu, Karanganyar Kota, Mojogedang, dan Kebakkramat dilaporkan sempat terputus akibat pohon roboh melintang di jalan.

Kejadian angin ribut terjadi ketika wilayah Karanganyar mulai diguyur hujan lebat, Kamis (18/12/2014) sekitar pukul 15.00 WIB. Beberapa saat kemudian, angin bertiup kencang dan mulai menumbangkan pepohonan.

Berdasarkan pendataan sementara, rumah rusak tertimpa pohon tumbang di antaranya terjadi di Desa Wonolopo dan Kaling di Kecamatan Tasikmadu. Pohon tumbang juga mengakibatkan jalur Kebakkramat-Tasikmadu terhambat karena patahan pohon berserakan di jalan.

Kondisi serupa juga terlihat di Jalan Raya Solo-Tawangmangu di Kecamatan Jaten. Bahkan sempat terjadi kemacetan parah di kawasan Tugu Intanpari karena genangan air setinggi mata kaki. Kondisi semakin diperparah karena tengah berlangsung pengerjaan proyek fly over Palur.

"Angin kencang sudah berhenti dan proses evakuasi relatif lancar. Namun ancaman berikutnya adalah longsor dan banjir," kata Febrian Kurnia Putra, anggota Tim SAR Karanganyar.

Sejauh ini belum ada laporan korban dan baru sebatas kerugian material. Tim SAR mulai bergerak ke kawasan rawan luapan sungai Bengawan Solo.

Kepala Dusun (Kadus) Brujul Tasikmadu Wagimin mengatakan, puluhan rumah di wilayahnya mengalami kerusakan akibat angin ribut. Kerusakan rata-rata tergolong cukup ringan. Hanya rumah Sri Purnowo di RT 4 RW 7 Dusun Brujul tertimpa dua pohon jati. Beruntung dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban luka.

"Anginnya berembus kencang dan menggulung-gulung," jelas Wagimin.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8068 seconds (0.1#10.140)